Mengintip Dapur “Nussa dan Rara”, Film Animasi Anak Muslim yang Tengah Naik Daun

By November 22, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sebuah film animasi bertajuk Nussa dan Rara tengah menjadi topik hangat di kalangan netizen. Baru saja rilis Selasa (20/11/2018) kemarin, video Nussa dan Rara sudah ditonton dan disubscribe ratusan orang, diunggah ulang oleh banyak akun, serta menjadi trend nomor tiga di YouTube.

Animasi buatan anak negeri ini menampilkan karakter anak muslim kakak beradik bernama Nussa si kakak laki-laki, dan Rara adiknya yang berusia 5 tahun. Berbeda dengan animasi lain, kisah Nussa dan Rara mengajarkan tentang keseharian anak muslim yang lekat dengan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Di episode pertama yang baru rilis kemarin, dikisahkan tentang Rara yang nampak ketakutan untuk tidur sendiri di kamarnya. Nussa kemudian menemani adiknya sembari mengajarkan adab sebelum tidur sebagaimana sunnah Rasulullah. Ada banyak sekali pelajaran yang dapat dipetik dari animasi singkat berdurasi kurang dari 4 menit ini.

Bukan hanya mengajarkan kemandirian untuk tidur sendiri dan menyayangi adik yang lebih kecil, animasi ini pula menampilkan adab sebelum tidur yang mungkin masih asing di kalangan beberapa umat Islam. Bahkan doa sebelum tidur yang dibaca Rara pun bukan lah yang familiar dibaca anak-anak muslim Indonesia. Namun doa itulah yang sebetulnya benar dan shahih riwayatnya dari hadits Rasulullah.

Tema seperti ini lah yang dibutuhkan anak muslim namun nyaris tak dapat ditemui. Apalagi secara teknis, kualitas animasi ini lebih baik daripada animasi buatan anak negeri lain yang pernah dibuat. Gerakan karakter yang tak kaku, coloring yang apik, serta dubbing yang menyesuaikan gerakan mulut karakternya. Bisa dibilang, kualitasnya hanya setingkat dibawah animasi Malaysia seperti Omar dan Hana, namun lebih unggul dari Alif dan Sofia.

Saat menonton animasi Nussa dan Rara, kita pastilah akan bertanya-tanya, siapakah sosok dibalik pembuatan animasi yang brilian ini. Mengintip dapur Nussa dan Rara, netizen akan dibuat terkejut. Ternyata, sebuah tim profesional ada di belakang layar pembuatan animasi Nussa dan Rara. Satu hal lain, ternyata seorang ustadz ternama lah yang memprakarsainya.

Diproduksi The Little Giantz bersama Ustadz Felix Siauw

Animasi Nussa dan Rara diproduksi oleh sebuah studio animasi berlokasi di Jakarta Selatan, The Little Giantz. Dalam sebuah video Youtube bertajuk “Rumah Nussa”, ditampilkan kantor studio dan tim dibalik pembuatan Nussa dan Rara. Dalam pembuatannya, studio ini pun melibatkan Ustadz Felix Siauw.

Melalui akun Instagramnya, @felixsiauw menulis dalam beberapa post tentang lahirnya film animasi Nussa dan Rara. Dalam salah satu unggahannya, ia menulis, “Tidak bisa berhenti bersyukur dan bangga penuh haru menjadi saksi perjalanan sebuah karya dakwah yang digagas temen-temen @thelittlegiantz. @nussaofficial hasil keikhlasan dan sebuah pengharapan Keridhoan Allah pada hambanya.

Doakan semua ini penuh manfaat dan menyesuai dengan harapan temen-temen @thelittlegiantz bahwa karya dan perjuangan ini akan menjadi bagian dari melanjutkann kehidupan Islam. Inilah sebentuk rasa cinta untuk Indonesia,” tutur ustadz yang merupakan mualaf keturunan Tionghoa ini.

Dipromosikan Ustadz Abdul Shomad

Selain melibatkan Ustadz Felix, ternyata animasi Nussa dan Rara juga mendapat dukungan penuh dari ustad Abdul Somad. Dalam akun instagramnya, Ustadz Abdul Somad pun mengunggah cuplikan animasi Nussa dan Rara. Dalam captionnya, ia menulis, “Episode 1 Nussa dan Rara untuk anak-anak kita. Di official channel Youtube @nussaofficial.” Video IG ini kemudian ditonton lebih dari satu juta orang dan dikomentar lebih dari 2 ribu akun Instagram.

Sambutan Positif dari Netizen

Meski baru rilis satu episode, film animasi Nussa dan Rara mendapat dukungan dan tanggapan positif dari netizen. Mereka bahkan menantikan episode berikutnya dan berharap animasi ini dapat tayang di layar kaca.

“Semoga bisa tayang di televisi untuk memberikan tontonan baru kepada anak- anak,” tulis akun @indhyani_22. “Udah nonton. Episode yang mau tidur. Bagus. Banyak manfaatnya. Sampe bacaan mau tidur saya salah. Jadi tahu sekarang,” ujar akun @abdulmubarok_rasaalpukat.

Lalu kapan episode kedua Nussa dan Rara akan tayang? Pertanyaan yang sama ditanyakan pula oleh banyak orang. Menurut Ustadz Felix Siauw, pekan depan, insya Allah, episode kedua sudah akan dirilis. Tak sabar menunggu episode baru film animasi Nussa dan Rara.

Last modified on Thursday, 22 November 2018 14:30

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama