Wah, Ada Masjid Jawa di Thailand!

By August 5, 2017 0
Masjid Jawa, Bangkok, Thailand. Masjid Jawa, Bangkok, Thailand. ( Foto : Mauliyatun Nisa )

Muslimahdaily - Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang mayoritas beragama Islam. Sebagai populasi muslim terbesar di dunia, Islam Indonesia masyhur hingga ke berbagai pelosok dunia.

Di Thailand, ada sebuah masjid yang konsepnya sangat kental dengan nuansa Indonesia, tepatnya Jawa. Namanya Jawa Mosque atau Masjid Jawa dan jadi salah satu masjid terkenal di Bangkok, Thailand.

Masjid Jawa ini ternyata memang dibangun di atas tanah wakaf seorang perantauan Jawa bernama H. Muhammad Saleh. Dibangunnya sudah sejak tahun 2448 Tahun Thailand atau sekitar tahun 1906 Masehi. Dinamakan Masjid Jawa bukan tanpa alasan, karena masjid ini nyatanya memang benar-benar bernuansa Jawa kuno.

Melongok sedikit ke Masjid Jawa ini, dari luar hingga bagian dalam bangunannya memang seperti masjid lama di tanah Jawa. Ukurannya memang tak terlalu besar, hanya 12 x 12 meter yang memuat hingga 200an jemaah. Selain ruang salat utama, masjid ini punya ruangan yang dipergunakan untuk mengaji dan ada juga kelas untuk masyarakat keturunan Jawa belajar Bahasa Indonesia.

Ya, Masjid Jawa memang berada di sebuah kampung Kawa bernama Soi Charoen Rat di Bangkok. Kampung ini memang dikenal sebagai lokasi yang banyak dihuni warga Melayu dan perantauan orang Jawa. Untuk mengunjungi masjid ini, kamu bisa terlebih dahulu menemukan Stasiun BTS Surasak melalui gang yang terletak di sebelah St Louis Hospital.

Kampung Jawa rupanya juga menjadi tempat tinggal cucu dari KH Ahmad Dahlan yang merupakan pendiri dari Muhammadiyah. Cucu beliau sendiri bernama Walidah Dahlan.

Selain bangunannya yang bernuansa Jawa, tradisi yang ada di masjid dan kampung ini juga masih mengadopsi tradisi Jawa. Warga ikut menjalani kenduri dan mengenal istilah sungkeman. Masjid akan jauh lebih ramai saat Bulan Ramadhan dan juga Hari Raya.

Keturunan Jawa di Thailand tak lain dipengaruhi oleh masa penjajahan Jepang di Indonesia. Saat itu, kerja paksa atau romusha yang diberlakukan Jepang membuat banyak warga Indonesia dibawa ke Thailand untuk membangun rel kereta yang menghubungkan negeri Gajah Putih tersebut ke Burma atau kini dikenal sebagai Myanmar.

Walaupun Thailand dihuni oleh mayoritas penduduk dengan agama Budha, muslim di negeri ini nyatanya bisa hidup berdampingan dengan damai dan baik. Penasaran dengan Masjid Jawa di Bangkok ini?

 

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

© 2017 Muslimahdaily.com All Rights Reserved.