Subhanallah, Ini 7 Keutamaan Luar Biasa Air Zam Zam

By September 4, 2017
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Air zamzam bukanlah air yang asing bagi kaum muslimin di berbagai belahan dunia. Air ini mempunyai keutamaan yang sangat banyak. Rasulullah bersabda, “Sebaik-baiknya air di bumi ini adalah air zamzam.” 

Berdasarkan hadits ini, berikut alasan mengapa air zamzam dikatakan air yang terbaik, dilansir dari Islamic Events.

1. Air zamzam bukan hanya untuk dikonsumsi, tapi bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit

Dalam hadits disebutkan bahwa air zamzam tak hanya bagian dari makanan dan minuman, tapi juga obat bagi orang sakit. Diriwayatkan bahwa Rasulullah membawa air zamzam di dalam kantong-kantong air (yang terbuat dari kulit). Beliau meminumnya, berwudhu dengannya dan, menuangkan serta membasuhkannya kepada orang sakit.

2. Telah terbukti mencegah pembentukan batu ginjal

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Saeed Al Ghamdi dari Fakultas Kedokteran Universitas Umm Al-Qura, Makkah in the Open Journal of Preventive Medicine, telah terbukti bahwa kandungan multi-ion air zamzam mencegah pembentukan batu ginjal. Percobaan dilakukan pada kelompok tikus yang diberikan air zamzam mengeluarkan lebih banyak urin daripada yang lainnya.

Ini menunjukkan efek diuretik zamzam yang memiliki kegunaan melepas racun tubuh melalui urin, sehingga pembentukan kristal dalam urin kemungkinannya akan semakin kecil.

3. Mengandung banyak elemen yang dibutuhkan oleh tubuh

Analisis kimia air zamzam mengandung banyak unsur seperti sodium, kalsium, magnesium, potassium, nitrat, sulfat, dan mineral lainnya.

4. Air zamzam akan dijaga semurni mungkin karena dilindungi Allah

Dalam air zamzam tidak akan ada bakteri yang terbentuk, tidak berjamur, juga tidak berubah warna, rasa ataupun berbau.

5. Air zamzam akan selalu mengalir dan tidak akan pernah kering

Pusat penelitian haji mengatakan bahwa ketika mereka menggali lebih banyak sumur zamzam, mereka menemukan semakin banyak jumlah air yang mengalir.

Sebelumnya, ilmuwan Arab Saudi bernama Tariq Husain melakukan penelitian sekaligus menjawab tuduhan air zamzam tidak sehat lagi karena sudah tercemar air resapan limbah warga Mekkah.

Ia bersama stafnya dapat membuktikan bahwa sumber sumur zamzam tidak ada kaitannya dengan resapan air limbah warga Mekah dan airnya sangat layak diminum. Sejalan dengan itu, ia mendapati pula, saat sumur warga Mekkah mengering, justru sumur zamzam airnya semakin melimpah.

6. Air zamzam adalah air yang harus diminum

Dalam Misnad Ahmed, Rasulullah saw bersabda, ”Air zamzam memenuhi tujuan yang meminumnya.” Namun perlu diingat kembali, minum zamzam adalah salah satu cara mencapai tujuan selain berdoa dan usaha, namun tetap Allah lah yang menentukan.

7. Mengingatkan kejadian khusus dalam sejarah Islam yaitu kisah Siti Hajar dan putranya Ismail

Saat meminum air zamzam, kita akan teringat akan keberanian Siti Hajar, intelektual Nabi Ismail saat masih bayi, pengorbanan Nabi Ibrahim saat meninggalkan istri dan anaknya di lembah Shafa dan Marwah dengan penuh keyakinan bahwa Allah akan menjaganya.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
© 2017 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama