Madain Saleh, Jejak Peradaban Kaum Nabi Saleh yang Allah Musnahkan

By November 8, 2017
Rumah - rumah yang dipahat langsung ke bukit di Madain Saleh Rumah - rumah yang dipahat langsung ke bukit di Madain Saleh ( Foto : BBC.com )

Muslimahdaily - Madain Saleh, sebuah tempat bersejarah yang menjadi saksi musnahnya sebuah peradaban karena telah ingkar kepada Allah dan melakukan berbagai kedzaliman dimuka bumi.

Kaum Tsumud adalah umat Nabi Saleh yang Allah azab dengan petir menggelegar meluluh lantakan dan menghancurkan tempat tinggalnya, seperti tercatat di dalam Al – Qur’an.

''Dan satu suara keras yang mengguntur menimpa orang-orang yang zalim itu, lalu mereka mati bergelimpangan di tempat tinggal mereka, seolah-olah mereka belum pernah berdiam di tempat itu. Ingatlah, sesungguhnya kaum Tsamud mengingkari Tuhan mereka. Ingatlah, kebinasaanlah bagi kaum Tshamud.'' (QS Hud ayat 67-68)

Para Arkeolog menemukan keberadaan tempat tinggal kaum Tsamud ini di antara Yaman selatan dan utara Madinah, disebut juga sebagai Madain Saleh, atau kota Saleh (Kotanya Nabi Saleh). Kota ini awalnya bermuara di utara Semenanjung Arab yang berasal dari selatan Arabia, tempat kaum 'Ad pernah hidup. Seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur’an bahwa kaum Tsamud merupakan turunan dari bangsa Ad yaitu umatnya Nabi Hud.

Al-Hijr (bukit berbatu) awalnya menjadi julukan bagi Madain Saleh ini, karena daerahnya dikelilingi oleh bukit-bukit batu yang besar. Madain Saleh merupakan gugusan pasir dengan bentuk yang mengesankan, bukit bebatuan diukir menjadi bentuk bangunan rumah dan istana dengan gaya arsitektur bergaya romawi kuno dengan dengan sedikit sentuhan gaya arsitektur mesir

''Kamu dirikan istana-istana di tanah-tanah yang datar dan kamu pahat gunung-gunungnya untuk dijadikan rumah, maka ingatlah nikmat-nikmat Allah dan janganlah kamu merajalela di muka bumi membuat kerusakan.'' (QS al-A'raf: 74)

Kaum Tsamud memang dikenal sebagai kaum yang pandai dalam memahat bebatuan. Tak heran kerajaan, rumah dan makam yang dibuat oleh kaum Tsamud begitu mengesankan dan membuat kita terpukau, begitu megah. Keberadaan kaum Tsamud dikenal melalui tulisan-tulisan dalam dinding batu dengan huruf Smaitic (yang disebut Thamudic) yang banyak ditemukan di Arabia selatan sampai ke Hijaz.

Berkat keindahan dan kemegahan bangunan peninggalan sejarah kaum Nabi Saleh, tahun 2008 UNESCO menobatkan Madain Saleh sebagai salah satu situs warisan dunia (World Heritage Site).

Hal ini menarik perhatian pengunjung, terutama wisatawan muslim, diharapkan dengan perginya ke Madain Saleh umat muslim dapat merenungkan betapa nyatanya adzab Allah kepada kaum Tsamud dan janji Allah adalah benar.

 

Last modified on Tuesday, 14 November 2017 11:19
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
© 2017 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama