7 Masjid Terindah Diatas Air

 Masjid Amirul Mukminin, Indonesia Masjid Amirul Mukminin, Indonesia commons.wikimedia.org

Masjid merupakan tempat ibadah umat muslim, seringkali karena keindahan arsitektur dan kenyamanannya Masjid bisa menjadi tempat singgah banyak orang. Dikelilingi air dan bagaikan terapung, 7 Masjid ini terlihat sangat indah dan menarik. Berikut 7 Masjid terindah diatas air :

1. Masjid Al-Rahma, Jeddah Saudi Arabia

Masjid Al-Rahma atau yang sering dikenal dengan masjid terapung ini berada di Jeddah Saudi Arabia. Menjadi salah satu lokasi favorit untuk dikunjungi bagi para turis, khususnya turis Indonesia. Pada awalnya masjid ini dinamakan masjid Fatima, tapi karena banyak kesalah pamahan oleh pengunjung dikaitkan dengan Fatima Az-Zahra masjid ini jadi diganti namanya menjadi masjid Al-Rahma.

Berdiri di sepanjang pantai laut merah, masjid berukuran sekitar 20x30 meter ini dihiasi dengan banyak tulisan kaligrafi di dalamnya. Bangunan ini menggabungkan arsitektur modern dengan bangunan Islam kuno. Ruang sholat yang luas, dekorasi yang indah dan pemandangan laut merah menjadi kenyamanan sendiri bagi para pengunjung untuk berlama-lama di Masjid Al Rahma ini.

2. Masjid Hassan II Maroko

Masjid terbesar ketiga di dunia, Masjid Hassan II Maroko ini menampilkan kesan megah dan indah. Memiliki menara setinggi 210 m. Dibangun tahun 1980 dan didesain oleh arsitek berkebangsaan Perancis Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues dengan gaya arsitektur khas Maroko.

Sebagian lantai masjid ini terbuat dari kaca tebal, sehingga umat muslim yang sholat atau sujud dapat melihat langsung ke dalam lautan Samudera Atlantik. Hal yang paling mengesankan adalah, lewat menara masjid Hassan II kita dapat melihat sinar laser yang terang yang mengarah ke kiblat, yaitu ke arah Kabah di Mekah pada waktu malam hari.

Ruang utama shalat dilapisi dengan karpet merah yang menambah kesan mewah masjid ini. Ketika suhu dingin, masjid Hassan II memiliki pengontrol temperatur ketika suhunya sedang dingin. Dibagian bawah masjid, terdapat pemandian dan tempat wudhu bergaya turki.

3. Masjid Sultan Omar Ali Saefuddin, Brunei

Brunei Darussalam negara kecil yang dikenal kaya ini memiliki masjid terapung yang namanya diambil dari nama raja ke 28 yang menjabat di kerajaan Brunei Darussalam. Bangunan masjid sultan omar ini berada di tengah laguna buatan di tepi sungai Brunei dan menjadi salah satu ikon pariwisata di Brunei.

Kubah masjid ini menjadi daya tarik pengunjung, karena terbuat dari emas. Menjulang tinggi lebih dari 52 meter dan terlihat dari setiap sudut pandang kota Bandar Seri Begawan. Arsitektur dengan perpaduan dari negeri Mughal dan Italia membuat masjid ini terlihat megah, ditambah semua bahan bangunan masjid ini didatangkan dari luar negeri, menambah kesan mewah Masjid Sultan Omar.

4. Masjid Amirul Mukminin, Indonesia

Terletak di lepas pantai Losari, Makassar. Masjid Amirul Mukminin merupakan masjid terapung pertama di Indonesia. Masjid ini dapat menampung 500 jamaah dan terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama untuk jamaah pria dan lantai dua untuk jamaah wanita.

Masjid ini memiliki dua kubah berwarna biru, angin pantai losari membuat masjid terasa adem dan pengunjung bisa beribadah dengan suasana yang tenang, dan setelahnya mereka bisa menikmati sunset di halaman masjid. Hal ini juga yang menarik banyak pengunjung Masjid Amirul Mukminin.

5. Masjid Malaka, Malaysia

Seperti namanya, masjid ini terletak di kota Malaka Malaysia. Dibangun diatas lahan sebesar 1,8 hektar dengan kapasitas 2.000 jamaah. Masjid terapung ini arsitekturnya terinspirasi dari desain masjid terapung di kota Jeddah. Dibangun pasa tahun 2006 dan langsung menarik perhatian banyak orang, selain jamaah Islam para photograper dan wisatawan lain juga tidak mau melewatkan keindahan masjid diatas air ini.

6. Masjid Haji Ali Dargah, India

Meskipun India mayoritas warganya menganut agama Hindu, bukan berarti umat Islam disana tidak memiliki bangunan ibadah. Sebuah masjid yang berada di tengah laut Arab di daerah Mumbai India, menjadi tempat beribadah bagi para muslim disana. Letaknya di tengah laut membuat masjid Ali Dargah ini menarik banyak umat Islam untuk beribadah ataupun sekedar berwisata religi.

Di dalam masjid Ali Dargah ini terdapat makam yang disucikan milik ulama dari Bukhara, Uzbekistan yang menyebarkan agama Islam di India bernama Pir Haji Ali Shah Bukhari. Maka dari itu tak jarang jamaah berkunjung untuk berziarah.

7. Masjid Arkam Babu Rahman, Indonesia

Masjid Arkam Babu Rahman terletak di Teluk Palu yang berdekatan dengan pantai Talise. Sekitar 150 sampai 200 jamaah dapat ditampung di dalam masjid ini. Hal unik yang lainnya, kubah masjid ini dapat memancarkan cahaya pada saat malam hari, sebanyak 7 pancaran cahaya. Hal ini menarik perhatian para pengunjung, sembari menikmati keindahan pantai Talise.

 

 

 

Last modified on Kamis, 14 Desember 2017 06:57

Leave a Comment