4 Tanda Kiamat yang Mulai Terjadi Saat Ini

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sebagai seorang muslim yang beriman, kita wajib mempercayai akan datangnya hari akhir (kiamat) yang merupakan rukun iman yang kelima. Saat ini kita hampir berada di akhir kehidupan dunia. Banyak sekali tanda-tanda yang dapat kita lihat, yang menunjukkan akan datangnya hari akhir. Sehingga, semestinya kita hendaklah terus memperbaiki iman kita dan mengharap kepada Allah untuk ditetapkan iman dalam hati dan digolongkan ke dalam orang-orang yang beriman dan beruntung.

Beberapa tanda-tanda tersebut dijelaskan dalam hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, seperti berikut ini:

1. Ilmu agama akan berangsur-angsur hilang dari muka bumi ini, dengan meninggalnya para ulama

Dari Abdullah bin Amr bin Ash radhiallahu anhuma berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘Bahwasanya Allah taala tidak akan mencabut (menghilangkan) ilmu dengan sekaligus dari (dada) manusia. Tetapi Allah ta’ala menghilangkan ilmu agama dengan mematikan para ulama. Maka apabila para ulama sudah tiada, orang ramai akan memilih orang-orang yang jahil sebagai pemimpin mereka. Maka apabila pemimpin jahil itu ditanya, mereka akan berfatwa tanpa ilmu pengetahuan. Lalu mereka sesat dan menyesatkan orang lain.’” (HR Muslim)

2. Merebaknya budaya korupsi dalam masyarakat

Dari Mu’az bin Jabal radhiallahu anhu berkata, “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Ambillah pemberian itu selama ia sebagai pemberian. Namun, apabila ia sudah menjadi suapan (rasywah, atau korupsi) pada pandangan agama, maka janganlah kamu mengambilnya. namun, kenyataannya kamu tidak akan dapat meninggalkannya, karena kamu takut fakir dan kamu sangat ingin mengambilnya.’” (HR At-Thabrani).

3. Umat Islam mengikuti jejak langkah Yahudi dan Nasrani

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiallahu anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘Kamu akan mengikuti jejak langkah umat-umat sebelum kamu, sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta, sehingga jikalau mereka masuk ke lubang biawak sekalipun pasti kamu akan mengikuti mereka.’ Sahabat bertanya, ‘Ya Rasulallah, apakah Yahudi dan Nasrani yang engkau maksudkan?’, Nabi shallallahu alaihi wasallam menjawab, ‘Siapalagi kalau bukan mereka?’” (HR Muslim)

4. Zaman dimana manusia tidak lagi peduli pada sumber datang hartanya (halal atau haram)

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘Akan datang suatu zaman dimana seseorang tidak memperdulikan darimana ia mendapatkan harta, apakah dari sumber yang halal ataupun haram.’” (HR Nasai)

Demikian beberapa hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, yang menerangkan tentang beberapa tanda yang menunjukkan telah mendekatnya hari akhir. Tanda-tanda tersebut semakin terlihat jelas pada masa kita sekarang ini, sehingga kita haruslah istiqamah dalam menjalani syariat agama Islam ini, dan terus memperbaiki iman dan ibadah kita. Kita juga haruslah senantiasa berdoa kepada Allah dan selalu mendekatkan diri pada-Nya, berharap untuk ditetapkan iman dan selalu berada di jalan-Nya hingga tibanya hari akhir nanti.

Wallahu a’lam.

Last modified on Rabu, 30 Agustus 2017 13:45

Leave a Comment