Obat Mujarab Sakit Hati Dengan Cara Islami

By September 5, 2017
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita akan dihadapi banyak masalah-masalah yang akan menimbulkan kegelisahan dalam hati kita. Kegelisahan atau kecemasan ini memang merupakan perasaan yang wajar untuk dirasakan oleh setiap orang, namun jika berlebihan dapat memicu depresi. Karena itu jangan biarkan kegelisahan menghantui Anda terus menerus.

Bagaimana caranya menghilangkan rasa gelisah? Banyak sekali langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa gelisah yang menghantui diri kita.

Salah satunya, yang juga merupakan cara yang paling efektif, yaitu dengan cara selalu mengingat Allah, sebagaimana telah dikatakan dengan jelas oleh Allah Subhanahu wa ta'ala di dalam Al Quran, yang artinya:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar Ra’du : 28)

Orang yang senantiasa mengingat Allah Ta’ala dalam segala hal yang dikerjakan. Tentunya akan menjadikan nilai positif bagi dirinya, terutama dalam jiwanya. Namun, hal-hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengingat Allah?

Pertama, Dzikir sendiri mengandung arti mengingat Allah. Dzikir tidak hanya dilakukan dengan sebatas ucapan lisan dan atau hati saja. Dzikir kepada Allah Subhanahu wa ta'ala merupakan rangkaian aktivitas yang melibatkan keselruhan hati, lisan, dan juga perbuatan.

Kedua, Sholat yang merupakan ibadah paling utama bagi umat muslim juga merupakan ibadah untuk mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala, karena sholat juga diisi dengan kalimat-kalimat dzikir dan ayat-ayat Allah swt. Sholat merupakan aktivitas komunikasi langsung dengan Allah swt, Jika seseorang telah terhubung dan berkomunikasi dengan Allah Subhanahu wa ta'ala secara langsung dalam sholat yang khusyuk, maka mustahil baginya terserang penyakit gelisah. Ketika usai Sholat, hati pun akan terasa lebih tenang dan jangan lupa adukanlah segala permasalahan yang menganggu.

Ketiga, Mendengarkan ayat-ayat Al-Quran juga dapat menenangkan hati kita yang gelisah.

“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang , gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun.” (QS.Az Zumar : 23)

Dengan membaca atau hanya sekadar mendengarkan firman-firman Allah dan menghayati makna dari ayat-ayat tersebut, janji-janji Allah, ketenangan hati pun akan mudah didapatkan. Seperti misalnya arti dari surah al-anfal ayat 9:

(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: “Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut”

Last modified on Tuesday, 05 September 2017 11:54
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
© 2017 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama