Tiga Amalan Pagi Pembuka Pintu Rezeki

By April 6, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Semangat seorang yang bangun pagi akan berbeda dengan orang yang kesiangan. Apalagi jika pagi hari diisi dengan berbagai amalan ikhlas untuk-Nya. Lebih dari itu, membuka hari dengan amalan tak hanya berdampak pada ruh semangat, namun dapat pula sebagai pembuka pintu rezeki. Berikut sedikitnya ada tiga amalan yang dapat dilakukan saat pagi hari sebagai pembuka pintu rezeki.

1. Berdoa

Selepas shalat shubuh, Rasulullah biasa memanjatkan sebuah doa. Beliau Shallallahu‘alaihi wa sallam melakukannya setelah salam, lalu berdoa, “Allahumma innii as aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqan thayyibaan, wa ‘amalan mutaqobbalaan (Ya Allah, ssesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amalan yang diterima).” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad).

Berdoa juga bisa dilakukan saat menjelang shubuh, yakni di sepertiga malam terakhir. Saat melakukan shalat malam, jangan luputkan berdoa meminta kelapangan dan keberkahan rezeki. Ingatlah bahwa doa di sepertiga malam pasti akan dikabulkan oleh Allah. Nabiyullah Muhammad bersabda,

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata, ‘Barang siapa yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Barang siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Aku beri, dan barang siapa yang meminta ampun kepada-Ku, pasti akan Aku ampuni.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

2. Bersedekah

Rasulullah pernah bersabda, “Tidaklah berlalu pagi di setiap hari kecuali ada dua malaikat yang turun dan berdoa, ‘Ya Allah berikanlah ganti pada yang bersedekah’. Sedangkan malaikat yang satunya berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah’.”(HR. Al Bukhari dan Muslim).

Dua malaikat pendamping akan berdoa demikian setiap pagi. Bersedekah memang bisa kapan saja. Namun bersedekah di pagi hari akan langsung didoakan oleh malaikat. Sebagaimana diketahui, doa malaikat selalu diijabah oleh Allah Ta’ala.

“Beri ganti orang yang bersedekah” doa malaikat tersebut pula menjawab rahasia sedekah yang tak akan membuat seseorang miskin. Sebaliknya, bersedekah justru membuat seseorang makin mudah mendapat rezeki, makin lapang kesempatan mendapatkannya, dan makin berkah harta yang dimilikinya. Namun tentu ikhlaskanlah saat bersedekah dengan niat hanya kepada-Nya, bukan dengan niat agar diganti dengan rezeki melimpah.

3. Shalat Dhuha

Sebelum memulai aktivitas rutin harian, mulailah dengan shalat dhuha meski hanya dua rakaat. Shalat sunnah tersebut dapat dilakukan sejak matahari terbit setinggi tombak atau 15 menit setelah waktu terbit, hingga saat tergelincirnya matahari atau 15 menit sebelum zuhur. Namun yang paling utama ialah melakukan shalat dhuha saat cahaya matahari mulai memanas.

Keutamaan shalat dhuha salah satunya yakni membuka pintu rezeki. Sebagaimana termaktub dalam hadits qudsi, Rasulullah bersabda, “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, ‘Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu’,” (HR. Ahmad).

Meski shalat dhuha bisa dilakukan dua, empat, atau bahkan delapan rakaat, Rasulullah sering kali menyebutkan keutamaan shalat dhuha dengan empat rakaat. Pasalnya, empat rakaat shalat dhuha mencukupi keharusan persendian dalam tubuh untuk bersedekah. Seperti yang diucapkan sang nabiyullah,

“Di dalam tubuh manusia terdapat 360 sendi, yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya.” Para shahabat lalu bertanya, “Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Engkau membersihkan dahak yang ada di dalam masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika engkau tidak menemukannya (melakukan sedekah sebanyak itu), maka dua raka’at (shalat) dhuha sudah mencukupimu.” (HR. Abu Dawud).

Tentu ada beberapa amalan lain yang dapat dilakukan di pagi hari. Ada banyak amalan lain pula yang dapat membuka pintu rezeki. Tiga amalan di atas merupakan yang mudah dilakukan dan tak mustahil untuk dikerjakan setiap pagi sebelum menyambut hari. Karena itu, bangun pagi, dan lakukan amalan tersebut agar pintu rezeki terbuka lebar untukmu.

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama