Ini Dia 4 Amalam Penghapus Dosa

By December 18, 2016 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah subhanahu wa ta’ala rentan dalam berbuat dosa dan kesalahan, karena tidak ada manusia yang diciptakan sempurna oleh Allah kecuali Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. 

Terkadang dalam melakukan aktifitas, manusia seringkali berbuat dosa dan kesalahan baik itu disengaja ataupun tidak disengaja yang bisa mendzalimi orang lain, diri sendiri, bahkan mendzalimi Allah. Namun Allah Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang akan memaafkan dosa dan kesalahan hamba-Nya jika mereka memohon ampunan dan melakukan amal sholeh. Berikut ini adalah amalan yang jika dilakukan dapat menghapuskan dosa :

1. Dzikir

Dzikrullah atau berdzikir mengingat Allah adalah salah satu cara untuk menghapus dosa. Karena dengan mengingat Allah dalam setiap aspek kehidupan senantiasa kita kan terhindar dari perbuatan yang buruk. Jika suatu saat akan melakukan perbuatan buruk kemudian lantas berdzikir maka kita  akan tersadar dan menyadari hal tersebut adalah salah. 

Rasulullah menganjurkan pada umatnya untuk sennatiasa berdzikir kepada Allah karena dengan berdzikir akan menghindari diri dari perbuatan maksiat dan menghapus dosa-dosa yang kita lakukan. Berdzikir dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Seperti sabda Rasulullah yang artinya, 

“Barangsiapa mengucapkan; Subhanallahi wa bihamdihi - Mahasuci Allah dan segala puji hanya bagi-Nya, sebanyak seratus kali dalam sehari, maka Allah subhanahu wa ta’ala akan mengampuni dosanya, meskipun sebanyak buih di lautan." (HR. Imam al-Bukhari dan Imam Muslim).

2. Taubat

Jika manusia berbuat dosa dan kesalahan maka segeralah bertaubat memohon ampunan pada Allah. Akan tetapi taubat yang dilakukan adalah taubat Nasuha atau taubat yang sungguh-sungguh. Yang dilakukan dengan sepenuh hati dan segenap jiwa raga secara khusyuk karena menyesali perbuatan dosa yang dilakukan. 

Taubat yang dilakukan sambil bermuhasabah diri, menyadari segala kekeliruan yang dilakukan dan berusaha untuk memohon ampunan kepada Allah seraya memperbaiki diri menjadi lebih baik agar kesalahan tersebut tidak diulangi.

Sebagaiman Allah berfirman dalam Al-Quran surat At-Tahrim ayat 8 yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman bertaubatlah kamu dengan taubat yang semurni-murninya.“

3. Melakukan amal sholeh

Melakukan amal sholeh disini adalah melakukan ibadah yang Allah perintahkan dengan sebaik-baiknya yaitu ibadah wajib yang tiada terlewatkan ditambah dengan ibadah sunnah. Seperti melaksanakan shalat wajib ditambah dengan shalat sunnah. 

Selain shalat, amal sholeh lainnya yaitu berpuasa. Berpuasa wajib dilakukan oleh umat muslimin pada saat bulan ramadhan, sebagai bulan penuh ampunan momen tersebut dimanfaatkan oleh umat muslim untuk bertaubat kepada Allah. Seperti hadits Rasulullah tentang keutamaan puasa Ramadhan. 

“Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadan dengan keimanan dan niat yang baik, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari) 

Ada juga puasa yang disunahkan seperti puasa arafah, puasa ayaumul bidh, puasa senin-kamis, dan lain-lain. Puasa tersebut mempunyai keutamannya tersendiri sebagai media untuk bertaubat dan menghapus dosa.

Selain sholat dan berpuasa, melakukan sedekah juga dapat menghapuskan dosa yang dilakukan. Bersedekah adalah proses penyucian jiwa dan harta manusia. Dengan bersedekah juga dapat menghapus kesalahan dan dosa yang dilakukan manusia, karena dari setiap harta yang kita keluarkan akan dinilai pahala oleh Allah. 

4. Beristighfar dan berdoa kepada Allah.

Melakukan istghfar kepada Allah dapat menghapuskan dosa, tapi istighfar yang dilakukan tidak hanya sekedar ucapan yang keluar dari mulut saja. Harus diimplementasikan dengan perbuatan yang sungguh-sungguh. Setiap melakukan kesalahan kemudian tersadar dan beristighfar maka Allah akan ampuni dosanya, asalkan perbuatan tersebut tidak diulangi.

Sebagai umat muslim kita juga menyadari bahwa sejata kit aadalah doa, setiap doa yang dipanjatkan kepada Allah dengan sungguh-sungguh dan dengan hati yang ihklas akan dikabulkan Allah dengan cara-Nya yang indah. Untuk itu setiap waktu kita harus memanjatkan doa kepada Allah untuk memohon ampunan atas segala kesalahan dan dosa yang kita perbuat.

Last modified on Sunday, 18 December 2016 10:34

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

© 2017 Muslimahdaily.com All Rights Reserved.