Tanda-Tanda Kiamat Muncul, Peringatan Rasulullah Mulai Terbukti

By January 6, 2017
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Iman Kepada hari akhir atau hari kiamat adalah rukun iman ke-5 dan salah satu takdir Allah yang pasti akan terjadi. Saat tiba hari kiamat alam semesta beserta seluruh isinya akan hancur, saat itu suami tak lagi paduli pada istri, orangtua tak lagi peduli pada anaknya begitu pula anak tak lagi peduli pada orang tuanya, tidak ada istilah saudara muapun teman, setiap manusia saat itu menggigil ketakutan dan tak peduli dengan orang lain. 

Sebagai seorang muslim wajib percaya akan datangnya hari kiamat dan juga tak lupa menyiapkan bekal untuk menghadapi peristiwa yang sangat besar dan menakutkan tersebut karena ketika hari kehancuran tiba tak ada satupun mahluk yang mampu menolong.

Lalu kapankah datangnya hari kiamat? Tidak ada satupun mahluk yang mengetahui kapan kejadian dahsyat itu akan terjadi, tetapi Rasulullah jauh-jauh hari sudah memperingatkan tanda-tanda datangnya hari kiamat. Inilah tanda - tanda tersebut yang perlahan namun pasti kini sudah mulai memperlihatkan kebenarannya :

1.Minum Khamr Tak Memalukan

Khamr atau yang disebut dengan alkohol / miras kini sudah dijual secara terang – terangan sehingga sangat mudah untuk didapatkan. Bahkan Orang – orang tak lagi malu untuk meminumnya di depan umum. WHO  mencatat pada tahun 2002, 91 juta penduduk dunia menggunakan alkohol. 41% diantaranya adalah remaja. Dilansir dari BBC.com, sedikitnya hampir 300 orang anak berusia 11 tahun atau di bawah usia legal untuk minum minuman beralkohol. Tanda-tanda tersebut sudah diperingatkan oleh Rasulullah.

“Di antara tanda-tanda kiamat adalah banyaknya para pecandu minuman keras.” (HR. Imam Muslim)

2.Budak Melahirkan Tuannya

Suatu hari malaikat Jibril mendatangi Nabi Muhammad dan memberitahukan salah satu tanda datangnya hari kiamat yaitu ketika budak melahirkan tuannya.

“Jibril berkata kepada Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam: “Aku akan mengabarkan kepadamu bahwa di antara tanda-tanda kiamat itu adalah apabila seorang budak telah melahirkan anak majikannya.” (HR. Imam Bukhari dan Muslim).

Ada beberapa pendapat ulama tentang hadits ini, salah satunya adalah pendapat yang mengatakan hadist ini adalah sebuah perumpaan, ketika anak tak lagi berbakti kepada orangtua, banyak memerintah dan segala keinginannya ingin dituruti.

Tanda ini sudah banyak kita temui, salah satunya adalah berita yang baru – baru ini menjadi viral di media sosial, ada seorang bapak yang membeli handphone dengan uang receh, ketika ditanya bapak ini mengatakan anaknya memaksa minta dibelikan handphone Android, bila tidak dibelikan maka si anak tidak mau sekolah.

3.Banyak yang Mengaku Rasul

Sudah kita ketahui Nabi Muhammad merupakan nabi terakhir, namun di zaman sekarang banyak yang mengaku-ngaku Rasul dengan mengajak orang berbondong – bondong untuk mengikutinya. Misalnya Gus Jari bin Supardi, Lia Eden, Ahmad Musadeq. 

“Kiamat itu akan terjadi bila sudah muncul para Dajjal pendusta besar yang jumlahnya (hampir) mendekati tiga puluh orang, mereka semua mengaku dirinya sebagai Rasul Allah.” (HR. Imam Bukhari).

4.Munculnya Api di Tanah Hijaz

Munculnya api dari dalam bumi merupakan salah satu pertanda dekatnya kejadian kiamat, sebagaimana yang telah disinggung dalam hadist tersebut. Sekitar pertengahan abad ke-7 H tahun 654 H yang lalu, api itu pernah muncul di tanah Hijaz (Mekkah). Diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda :

“Kiamat akan terjadi bila telah muncul api dari Tanah Hijaz yang cahayanya menyinari binatang-binatang ternak yang berada di Bushra.” (HR. Imam  Bukhari Muslim)

5.Perzinahan Merebak

Perzinahan sangat marak terjadi pada era ini, pasangan belum menikah sudah tak lagi malu umbar kemesraan di tempat umum dan sosial media. Hubungan seksual sebelum menikah menjadi hal biasa. Bahkan tahun lalu beredar banyak video anak SMP dan SMA yang melakukan adegan dewasa bersama pasangannya. 

Rasulullah sudah memperingatkan tanda ini agar umat muslim mulai waspada semakain dekatnya hari kiamat.

“Sesungguhnya di antara tanda-tanda kiamat adalah terbukanya perzinahan secara bebas.” (HR.Imam  Bukhari)

6.Seringnya Bencana Gempa Bumi

Tanda lainnya adalah banyak terjadi gempa bumi. Di Indonesia saja gempa bumi sudah terjadi beberapa kali, seperti di Sumatera pada tahun 2005, di Bengkulu tahun 2007, dan baru-baru ini terjadi gempa di Pidie Jaya, Aceh pada Desember 2016. Bencana ini telah diungkap melalui hadits. 

“Tidak akan terjadi kiamat sampai sering terjadinya bencana gempa bumi dimana-mana.” (HR. Bukhari).

7.Munculnya Gedung-Gedung Tinggi

Tanda yang sudah tak terbantahkan lagi kini sepeti di negri Arab berbondong-bondong untuk membangun gedung yang sangat tinggi, contohnya tak usah jauh-jauh melihat di  sekitar Mekkah saat ini sudah banyak gedung-gedung tinggi sehingga menutupi Ka’bah. Selain itu, Dubai, Quwait, dan Riyadh sudah sangat modern dengan adanya gedung-gedunng tinggi. Peringatan ini sudah Rasulullah katakan dalam sebuah hadist

“Kiamat akan terjadi bila banyak orang berlomba-lomba bersaing membuat gedung-gedung menjulang tinggi.” (HR. Imam Bukhari)

8.Sungai Eufrat Mulai Mengering

Fenomena yang cukup menghebohkan dunia, dari penuturan ilmuan Nasa mengatakan sejak tahun 2003 hingga 2010, debit air sepanjang sungai Tigris dan Eufrat mulai Turki, Suriah, Irak hingga Iran telah kehilangan 144 juta kilometer kubik. Debit itu terus berkurang dalam jumlah besar pada periode 2010 hingga 2015. Fenomena mengejutkan ini telah diperingati oleh Rasululullah.

“Hari kiamat tidak akan terjadi sampai sungai Eufrat (mengering lalu) menyingkapkan gunung emas. Orang-orang saling membunuh untuk memperebutkannya. Terbunuhlah pada setiap 100 orang itu 99 orang, namun masing-masing dari mereka berkata, ‘Barangkali aku yang menjadi orang yang selamat itu’.” (HR.Imam  Muslim)

9.Jazirah Arab Mulai Menghijau

Fakta yang tak kalah menghebohkan, Berdasarkan penelitian Profesor Alfred Kroner, seorang ahli geologi terkemuka dunia, dari Department Ilmu Bumi, Institut Geosciences, Johannes Gutenburg University, Mainz, Jerman mengatakan bahwa Era Salju Baru (New Snow Age) saat ini telah dimulai, sekarang salju di kutub Utara sedang merangkak/bergeser perlahan-lahan ke arah Semenanjung Arab. Pada saat itu iklim dataran Arab berubah dan menjadi salah satu daerah yang paling subur dan hijau di muka bumi. Pernyataan imuwan tersebut sudah ada dalam suatu hadist Rasulullah.

“Hari Akhir tidak akan datang kepada kita sampai dataran Arab sekali lagi menjadi dataran berpadang rumput dan dipenuhi dengan sungai-sungai.” (HR Imam Muslim)

Itulah sebagian tanda – tanda kiamat yang sudah terjadi, marilah kita semakin banyak mendekatkan diri kepada Allah dan melakukan banyak kebajikan sebagai bekal kehidupan di akhirat kelak. 

 

Last modified on Friday, 06 January 2017 17:16
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
© 2017 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama