Mengkonsumi Sayuran Mentah Menyehatkan, Benarkah?

By August 2, 2017 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Beberapa menu makanan tak lengkap rasanya bila tak ditemani lalapan yang biasa dimakan dengan sambal. Kemudian biji-bijian yang dimakan langsung tanpa diolah. Namun masih banyak perdebatan, apakah sayuran mentah punya manfaat yang lebih banyak dibandingkan yang sudah dimasak terlebih dahulu.

Seorang dokter asal Swiss Maximilian Bircher Benner mulai mempopulerkan menyantap sayur dan kacang - kacangan mentah, ia terinspirasi oleh para penggembala kambing di pegunungan Alpen yang hidup sederhana tetapi sehat karena banyak mengonsumsi buah, sayuran dan kacang-kacangan mentah. Berikut beberapa makanan yang sehat dimakan saat masih mentah.

Sayuran, makanan yang bisa dimakan secara mentah. Biasanya sayuran tidak dimasak melebihi suhu 40 derajat celcius. Buah-buahan, bisa diolah dengan cara di juice tanpa tambahan gula ataupun campuran lainnya, buah yang dikeringkan dapat dimakan setelah dijemur ataupun yang langsung dimakan begitu saja. kacang dan biji-bijian bisa dipilih menjadi menu cemilan atau bisa ditambahkan pada menu salad sayuran dan buah-buahan.

Orang-orang yang melakukan diet dengan mengkonsumsi sayuran dan kacang-kacangan mentah ini percaya bahwa banyak manfaat yang didapatkan.

Diantaranya adalah, makanan mentah mengandung bakteri dan mikro organisme yang baik bagi pencernaan dan sistem kekebalan tubuh, kandungan enzim dalam makanan mentah dapat membantu pencernaan sehingga sangat penting bagi pertumbuhan tubuh. Memasak makanan dengan suhu lebih dari 40 derajat Celcius dianggap akan menghancurkan kandungan enzim ini.

Jika kamu sedang dalam proses penurunan berat badan, mungkin diet “Raw Food” ini bisa kamu coba. Karena manfaatnya bisa menurunkan indeks massa tubuh yang juga berarti menjaga tubuh dari kemungkinan kelebihan berat badan. Selain itu, sayur-mayur dan buah-buahan mentah kaya akan antioksidan sehingga membuat awet muda, mencegah kanker, dan menetralisir radikal bebas.

Untuk yang memilih memakan daging, jangan lupa untuk memperhatikan kematangan daging. Karena khawatir jika kurang matang maka akan tidak baik juga bagi tubuh. Menyeimbangkan nutrisi makanan juga penting, alih-alih ingin sehat tetapi ternyata ada beberapa kandungan yang tidak dipenuhi. Kemudian perhatikan juga beberapa sayuran dan umbi-umbian yang tidak sehat dimakan secara mentah, ini menjadi sangat penting.

Makan makanan mentah mempunyai banyak manfaat, tapi tentunya tak luput juga dari kekurangan. Tugas kita adalah menjaga tubuh yang diberikan oleh Allah agar tetap sehat dan terhindar dari segala macam penyakit, dan kemudian bersyukur. Semoga bermanfaat!

Last modified on Tuesday, 01 August 2017 23:29

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

© 2017 Muslimahdaily.com All Rights Reserved.