Tetap Sehat Selama Ramadhan Dengan 8 Menu Ini

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Faktor paling penting dalam berpuasa adalah menjaga pola makan. Asupan energi yang hanya didapat selama 2 kali sehari tentu merubah keseluruhan pola makan. Untuk itu, penting untuk selalu menjaga pola makan, salah satu caranya adalah dengan memperhatikan menu makan selama sahur dan berbuka.

Dikutip dari Antara melalui laporan Khaleej Times, menurut Ahli Diet Klinis Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi, Rahma Ali, “Saat berpuasa sebaiknya mengonsumsi makanan rendah indeks glikemik (kadar gula). Ketika sahur pun harus seimbang seperti makan sayur, sereal, daging, produk susu dan buah.”

Untuk menu berbuka pun, Rahma menyarankan daftar makanan berbuka yang dikonsumsi, diantaranya.

1.Menu buah-buahan.

Salah satu pilihan terbaik adalah buah kurma karena membantu tubuh terhidrasi cepat, sekaligus menyuplai energi yang membuat tubuh kembali segar.

2.Air putih atau jus buah

Air putih dan jus buah juga paling penting dikonsumsi selama jeda waktu antara saat berbuka dengan jam tidur.

3.Kacang-kacangan

Makanan seperti kacang almond mengandung lemak baik yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa serta mencegah makan berlebihan saat berbuka.

4.Sayur-sayuran

Menu yang satu ini juga sangat dianjurkan menjadi konsumsi utama. Sayuran selada, timun, dan jenis lain berserat tinggi lainnya bagus untuk tubuh saat berbuka.

Selanjutnya di bawah ini ada pilihan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pada waktu sahur.

1.Biji-bijian yang kaya serat

menu ini membantu membersihkan sistem pencernaan. Pada waktu sahur, memakan biji-bijian sudah membuat tubuh berenergi karena kandungan vitamin B bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Misalnya, kedelai, kacang tanah, kacang hijau, buncis, kacang polong.

2.Sayur dan buah-buahan

Sayu dan buah-buahan kaya akan serat, vitamin, kalsium, dan mineral diperlukan tubuh. Selain itu, disarankan memilih buah yang memiliki kadar air tinggi misalnya, melon dan semangka.

3.Beras merah

Makanan mengandung karbohidrat kompleks salah satunya beras merah.  Proses pemecahan dan penyerapannya perlu waktu lebih lama daripada karbohidrat sederhana. Dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, pengolahan karbohidrat menjadi sumber energi dalam waktu lama.

4.Daging ayam tanpa kulit, ikan, dan produk susu rendah lemak

menu di atas adalah sumber protein baik. Selain itu, makanan tinggi protein membantu memperbaiki dan membentuk jaringan tubuh, dan membangun sistem kekebalan tubuh Anda.

Untuk menjaga makanan Anda tetap sehat, batasi penggunaan minyak. Dalam penggunaan minyak pun, lebih baik memilih minyak lemak tak jenuh. Satu lagi, pada saat berbuka dan sahur jangan konsumsi makanan yang berlebihan. Jadikan Ramadhan ini untuk menumbuhkan kebiasaan makan yang baik dan sehat.

Leave a Comment