Intip Kalori Menu Makanan Lebaran, Yuk!

Opor Ayam Opor Ayam

Muslimahdaily - Lebaran telah tiba, tak lupa pelengkap menu makanan di hari fitri ini pun sangat beragam. Momen berkumpul bersama orang terkasih pun tak afdhal tanpa hidangan. Setidaknya tersedia kue lebaran, ketupat, opor ayam, dan sederet makanan atau minuman lainnya.

Namun perlu diingat, mengonsumsi makanan perlu ada batasan. Salah satunya dengan menghitung jumlah kalori. “Rata-rata semua masakan yang dihidangkan saat lebaran menggunakan santan dan gorengan yang mengadung lemak dari santan. Perlu diperhatikan, karena setiap orang memiliki kebutuhan gizi yang berbeda,” tegas Triyani Kresnawan, Ahli Gizi atau Dietisien Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dilansir oleh JawaPos.com.

“Kalau semua dimakan maka bisa dibayangkan padat energi, protein, dan lemaknya. Oleh karena itu, makan secukupnya dan tidak konsumsi berulang-ulang,” lanjut Triyani. Berikut hitungan kalori di tiap makanan.

1.Ketupat

Ketupat berasal dari bahan utama berupa nasi. Ketupat sendiri mengandung karbohidrat yang memiliki kalori sebesar 144 kalori per 100 gramnya. Bayangkan jika ditambah dengan menu pelengkap lainnya. Berapa banyak kalori yang dihabiskan dalam satu porsi tersebut.

2.Opor Ayam

Hidangan ini menjadi urutan pertama selain ketupat. Tanpa adanya Opor Ayam, lebaran tidak akan lengkap. Makanan kaya akan kuah santan ini ternyata memiliki kandungan kalori sangat tinggi, yakni 203 kalori untuk ukuran 100 gramnya.

Sebaiknya jangan terlalu banyak menikmati makanan ini. Selain kandungan santan yang menyebabkan kolestrol tinggi, bisa membuat kepala pusing, dikarenakan kandungan kalorinya yang tinggi.

3.Rendang

Rendang menjadi salah satu makanan yang menjadi urutan pertama paling enak di dunia dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International. Hidangan dengan bahan baku yang terdiri dari daging sapi ini memiliki 193 kalori per 100 gramnya. Dengan kadar lemak yang terkandung 51 persen dan kolestrolnya 19 Mg.

4.Sambal Goreng Hati

Menu makanan yang menjadi pendamping ketupat. Untuk satu porsi 50 gram terdapat kandungan energi 180 kalori, protein 10 gram, serta lemak 12 gram.

5.Kue Kering

Camilan yang wajib dihidangkan di lebaran diantaranya, kue kering seperti Nastar, Kastengel, dan Putri Salju. Rasanya yang gurih dan manis menjadi hidangan yang selalu tersedia di meja tamu. Dilansir dari fatsecret.co.id, salah satu kue yang paling banyak dihidangkan adalah kue nastar.

Dalam satu buah kue memiliki kalori sekitar 75, satu porsi (60 gram) memiliki 224 kalori, dan 100 gram kue dengan selai nanas ini memiliki kalori sekitar 373 kalori. Terlebih lagi kandungan lemaknya hingga 26 persen dan karbohidrat 68 persen.

6.Minuman

Minuman yang disuguhkan lazimnya berupa air putih, sirup, es buah, ataupun minuman bersoda. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa ternyata minuman manis atau pun bersoda contohnya juga mengandung banyak kalori. Dalam satu kaleng soda yang berisi 350 ml mengandung 140 kilo kalori dan mengandung gula sebesar 33,76 gram.

Agar tetap kalori tetap terjaga, air putih jadi pilihan terbaik. Tidak mengandung rasa, juga tidak memiliki kandungan kalori. Selain itu juga mengandung banyak manfaat. Salah satunya dapat mengontrol kalori dalam tuuh dan menurunkan berat badan.

Tetap bisa nikmati makanan dan minuman yang dihidangkan asal batasi jumlahnya agar tidak mengganggu kesehatan dalam tubuh.

Leave a Comment