7 Manfaat Lezat dan Sehat dari Batang Brokoli

By September 11, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Batang brokoli yang keras, sering diabaikan begitu saja oleh sebagian orang. Anggapan batang brokoli tidak bisa dimakan menjadikannya hanya dihempaskan ke tong sampah. Padahal, seperti jenis sayuran lain, tidak hanya bonggol brokoli yang bermanfaat. Melainkan batang brokoli yang bertekstur keras tersebut juga sangat baik untuk kesehatan.

Seperti yang diketahui, sayuran ini bebas gula, gluten serta rendah kalori yang sangat baik bagi para pelaku diet. Di dalamnya, terdapat banyak jenis kandungan vitamin, mineral dan anti oksidan. Vitamin C dalam brokoli bahkan bisa memenuhi 220 persen kebutuhan vitamin harian tubuh. Luar biasa, bukan?

Terkadang beberapa orang merasa enggan mengonsumsi sayuran secara langsung. Apalagi, batang brokoli yang keras, beraroma langu, dan tentu cita rasanya sedikit pahit.

Tapi, Anda tak perlu khawatir, dengan sedikit kreativitas dalam mengolahnya, batang brokoli bisa menjadi menu favorit sehari – hari. Berikut ini cara mengolah batang brokoli yang bisa menjadi inspirasi Anda:

1. Membuat kaldu sayur

Kaldu sayuran memiliki berbagai jenis nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Cocok dikonsumsi oleh anak – anak hingga orang dewasa. Terlebih lagi bagi orang yang sedang masa pemulihan kondisi badan sehabis sakit. Untuk membuat kaldu sayuran dari batang brokoli caranya cukup mudah.

Yaitu batang brokoli dicuci bersih kemudian direbus dalam air selama 10 menit hingga mendidih dan menjadi kaldu. Jangan lupa, batang brokoli dibelah dan dipotong agar batangnya lebih cepat empuk dan matang.

2. Menu tumisan

Menyiapkan menu makan malam yang lezat dari batang brokoli, tak perlu repot. Cukup dibersihkan, lalu kupas bagian kulit terluar. Selanjutnya, batang brokoli dipotong – potong agar bumbu tumisan mudah meresap dan cepat matang. Tidak perlu lama menumis cukup 2 – 3 menit agar nutrisinya tidak hilang dan gunakan minyak zaitun yang rendah kolesterol.

3. Sayur sop

Sayur sop yang segar dan sedap, dapat ditambahkan batang brokoli untuk menambah nutrisi serta warna – warni sayuran yang menyegarkan mata. Caranya, batang brokoli cukup dikupas bagian kulit terluar dan dipotong – potong sesuai selera. Rebus bersama sayur sop lain seperti wortel, kentang, kubis, dan jamur hingga matang selama 2 – 3 menit.

4. Minuman jus sayur

Enggan membuat sop atau tumisan? Masukkan batang brokoli sebagai campuran bahan minuman jus sayur yang lezat. Bila perlu, masukkan tambahan buah – buahan segar seperti nanas atau mangga. Jus sayur batang brokoli siap dinikmati tanpa ada aroma langu dan rasanya menjadi lebih manis serta berserat tinggi.

5. Camilan sehat

Daripada repot – repot memasak, jadikan saja batang brokoli sebagai camilan yang sehat dan renyah saat di perjalanan atau sedang ingin mengemil. Setelah dicuci bersih dan dikupas bagian kulit terluar, batang dibelah menjadi dua atau empat dan memanjang. Teksturnya yang renyah sangat pas dinikmati sebagai camilan sehat bagi pelaku diet.

6. Salad sayur

Tak terlalu sulit membuat salad dari sayur – sayuran. Batang brokoli yang sudah dicuci bersih, bisa dipotong – potong kecil, kemudian diaduk dengan bahan salad sayuran lain. Seperti bayam, selada air, wortel, kentang, kubis dan lainnya. Kemudian, masukkan saus mayonaise atau saus kacang favorit. Salad sayur batang brokoli siap dinikmati!

7. Acar

Ingin membuat sate atau martabak yang membutuhkan acar? Anda bisa menjadikan batang brokoli sebagai acar layaknya wortel atau mentimun. Tekstur batang brokoli yang renyah dan padat, sangat ideal dijadikan acar. Tinggal dipotong – potong, lalu diberi irisan bawang merah, cabai dan sedikit cuka. Acar batang brokoli bisa langsung dimakan sebagai pelengkap sajian Anda.

Oke, selamat menikmati batang brokoli yang lezat dan sehat ya..

Last modified on Tuesday, 11 September 2018 07:58

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama