Buat Sendiri Kudapan Korea Favorit Ini dengan Bahan Halal
Dakgangjeong Dakgangjeong Koreanbapsang.com

Buat Sendiri Kudapan Korea Favorit Ini dengan Bahan Halal

By  Dec 28, 2016

Muslimahdaily - Demam Korea di Tanah Air tak hanya di ranah musik dan film. Perihal kuliner, tak sedikit resep tradisional Korea yang digandrungi banyak kawula muda. Cita rasanya yang cocok di lidah Indonesia membuat makanan Korea dinikmati beragam kalangan, tak terbatas oleh pecinta k-pop dan k-drama saja. 

Salah satu makanan asal negeri ginseng yang sangat populer yakni Dakgangjeong atau di Indonesia lebih familiar dengan nama Chicken Gangjeong. “Dak” dalam bahasa Korea memang berarti Chicken atau ayam. Dalam menu ini, ayam dipotong kecil-kecil dan dibuang tulangnya. Ada pula yang lebih memilih sayap ayam saja tanpa membuang tulang. Sebagaimana fried chicken, ayam dibaluri tepung dan digoreng hingga krispi. 

Sementara Gangjeong merupakan bumbu pedas manis yang melekat membaluri ayam. Pada mulanya, Gangjeong merupakan cemilan tradisional sejenis gula-gula yang terbuat dari dari beras ketan, madu dan malt yang dicampur dengan kacang-kacangan atau biji wijen. Bahan beras dan gandum dicampur lalu digoreng hingga menjadi crackers berbentuk kotak-kotak. Crackers tersebut kemudian dibaluri sirup dan gula atau bahan manis lain. Setelah itu, ditutup dengan kacang atau biji wijen. 

Crackers tersebut merupakan versi cemilan yang lebih dikenal dengan bar. Adapun Chicken Gangjeong merupakan versi ayamnya. Bahan-bahan baluran gangjeong diberi tambahan gochujang (pasta cabai merah Korea) hingga terciptalah rasa pedas manis membalut ayam yang krispi. Jangan tanya lagi rasanya, pasti bikin ketagihan.

Chicken Gangjeong banyak ditemui di resto-resto Korea yang saat ini telah menjamur di Indonesia, terutama Jabodetabek. Namun perlu diperhatikan kehalalan menu restoran tersebut. Sedikitnya ada dua resto Korea yang menyajikan Chicken Gangjeong dengan jaminan halal, yakni Daebak Fan Cafe yang berlokasi di Margonda Depok dan resto cepat saji Lotteria yang banyak tersebar di berbagai mall di Jakarta dan kota-kota satelitnya. Daebak menyajikan Chicken Gangjeong dengan modifikasi yang pas di lidah Indonesia. Lotteria dengan resep asli pun cocok di lidah, akan tetapi tak cocok bagi yang menghindari Junk Food.

Namun sebetulnya Chicken Gangjeong dapat dimasak sendiri tanpa perlu keluar rumah dan tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Dengan masak sendiri pula, kesehatan dan kehalalannya amat sangat terjamin. Yuk coba di dapur resep Dakgangjeong berikut yang didapat dari Mangchi.

Bahan-bahan :

40 potong ayam (bisa ayam tanpa tulang, bisa pula sayap ayam saja), garam, lada bubuk, terigu, tepung kanji, telur, cabai pedas, minyak sayur, jahe, kecap, gula merah, sirup jagung, cuka, kacang atau wijen, cabe merah kering dan cabe merah halus.

Cara membuat :

1. Cuci bersih potongan ayam kemudian keringkan. 

2. Masukkan ayam ke dalam wadah besar, tambahkan 2 sdt garam, 1 sdt lada bubuk dan 2 butir telur. 

3. Setelah rata, tambahkan setengah cup terigu dan setengah cup tepung kanji. Campur rata dengan menggunakan tangan. 

4. Goreng ke dalam minyak yang banyak dan panas hingga matang.

Membuat Saos:

1. Siapkan panci atau wajan besar, tuang 1 cup air dan panaskan. 

2. Potong 1 cup jahe tipis-tipis setelah dikupas dan dicuci bersih. 

3. Masukkan jahe ke dalam air mendidih. Tambahkan 2 sdm kecap, 1 cup gula merah, ¼ cup cuka, didihkan. 

4. Setelah 5 menit, tambahkan 1 cup sirup jagung dan terus didihkan dengan api kecil selama 30 menit. Cek kematangan dengan sendok makan. 

5. Jika cairan telah cukup mengental, mastikan api dan angkat.

Penyajian :

Ayam dan saus yang telah matang, dapat disimpan di lemari pendingin sebelum keduanya dicampur. 

1. Untuk menyajikanya, panaskan saus, masukan ayam goreng tepung krispi, 1cup kacang (jenis apa saja), ½ sdm bubuk cabai dan ½ cup wijen. 

2. Aduk-aduk hingga semua bumbu dan bahan tambahan melekat pada ayam. Gunakan spatula saat mengaduk ayam dan saos gangjeong. Jumlah Saos akan berkurang saat mengaduk. 

3. Jika sudah tak berair lagi, matikan api dan Chicken Gangjeong yang yummy siap disajikan. 

4. Jangan lupa untuk memisahkan setiap potongan ayam sebelum dingin. Karena Sao akan membuatnya menempel satu sama lain.

Sangat mudah bukan? Kesehatan, kebersihan dan kehalalannya pula dipastikan hati karena membuatnya sendiri.

Last modified on Wednesday, 28 December 2016 20:36
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS

RECOMMENDATION

Prev Next

What's On Muslimahdaily TV

Facebook