Waspadai Penyakit ini Pasca Lebaran

By July 5, 2017 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Rangkaian kegiatan lebaran dari mulai perjalanan mudik, silaturahmi ke rumah tetangga dan keluarga, hingga makan santapan khas lebaran sangatlah erat dengan munculnya penyakit-penyakit pasca lebaran.

Fisik yang lelah, makanan-minuman yang umumnya manis, bersantan dan berlemak seringkali menjadi faktor utama munculnya penyakit pasca lebaran. Dilansir dari detik.com, Dr. H. Ari Fahrial Syam dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan menjelaskan tiga kategori penyakit yang sering terjadi pasca lebaran, diantaranya:

1. Kolesterol, jantung, asam urat, dan hipertensi

Bagi penderita kolesterol, jantung, dan hipertensi, makan-makanan yang manis, bersantan dan berlemak merupakan musuh utama. Jika penderita tidak menjaga pilihan makanan ketika lebaran, maka kemungkinan besar penyakit-penyakit tersebut akan kambuh dan membahayakan kondisinya.

2.Batuk, pilek, demam, dan radang tenggorokan

Penyakit karena kelelahan dan kecapekan akan rangkaian aktivitas mudik dan silaturahmi yang menguras cukup banyak energi, apabila tidak diimbangi dengan pola makan yang teratur, maka akan mendorong munculnya penyakit-penyakit seperti batuk, pilek, dan radang tenggorokan.

3.Diare

Banyaknya pembantu rumah tangga yang mudik, membuat orang-orang yang bergantung dengan PRT kesulitan mencari makanan yang sehat dan bersih. Dengak kondisi ini, penyakit-penyakit sistem pencernaan seperti diare umum terjadi.

Penyakit-penyakit di atas seharusnya bisa dicegah bila kita tetap bisa menerapkan pola hidup sehat dan dan dapat mengontrol makanan yang akan dikonsumsi pada lebaran. Istirahat yang cukup dan tetap mengkonsumsi buah dan sayuran tentunya juga membantu anda untuk mempertahankan kesehatan anda pasca lebaran.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

© 2017 Muslimahdaily.com All Rights Reserved.