Ini dia 'Kosmetik' Islami untuk Wajah Cantik Muslimah

By August 10, 2017 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Memiliki wajah cantik dan bercahaya adalah dambaan setiap wanita. Kecantikan dan wajah bercahaya sejati sebenarnya muncul dari dalam. Maha Suci Allah yang telah menciptakan kesempurnaan bentuk wajah seperti mata, hidung, alis, dan mulut.

Tampil cantik bercahaya tidak harus dengan kosmetik mahal. Berikut adalah tips dalam Islam yang dapat membuat wajah cantik nan bercahaya yang telah diajarkan Rasulullah SAW.

1. Selalu hiasi diri dengan wudhu

Dalam sebuah riwayat dikatakan:
“Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan dan kaki mereka karena bekas wudhu,” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Selalu berbuat kebaikan

“Sesungguhnya kebaikan itu membuahkan semburat cahaya di wajah, lentera di hati, meluasnya rezeki, kuatnya badan, rasa cinta di hati orang. Dan sungguh dalam keburukan terdapat kepekatan di wajahkegelapan di kubur, kelemahan badan, kurangnya rezeki, dan kebencian di hati orang.” (HR. Abdullah bin Abbas)

3. Makan makanan yang baik dan halal

Alquran dan hadits sudah memerintahkan umat Islam untuk memakan makanan yang baik dan halal dan menjauhi yang haram. Manfaat yang didapatkan dari hal tersebut adalah terjaganya kesehatan jasmani dan rohani, membawa ketenangan hidup, dan dapat mencerminkan kepribadian yang jujur.

4. Makan secukupnya

Rasulullah juga menganjurkan kita untuk makan tidak berlebihan, dengan makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

5. Melakukan shalat tahajud

Said bin al Musayyab ra berkata, “Sesungguhnya orang yang selalu shalat malam, Allah akan menjadikan wajahnya bersinar, sehingga ia dicintai oleh seluruh umat, bahkan orang yang belum mengenalnya sekalipun. Orang akan berkata, “Aku sungguh menyukai orang ini.”

6. Berpuasa sunnah

Berpuasa melakukan salah satu upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Selain dengan berpuasa wajib di bulan Ramadhan, perbanyaklah berpuasa sunah seperti di hari Senin dan Kamis, serta sunah lainnya. Memperbanyak puasa sunah akan memberikan cahaya di wajah dan Allah akan melipatgandakan pahala.

7. Memperbanyak membaca Alquran

Dengan membaca Alquran, akan tercipta ketenangan jiwa, hati pun lebih tenang. Jika hati tenang niscaya akan menampilkan wajah yang berseri-seri.

Dalam surat Ar-rad ayat 28. Allah berfirman:

“Orang-orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tentram jika selalu ingat dengan Allah. Maka ingatlah, karena hanya dengan mengingat-Nya, hatimu menjadi tentram.”

8. Jauhi rasa dendam, iri dengki dalam hati terhadap orang lain

Orang yang hatinya bersih dari rasa iri dan dengki, akan berwajah tenang, tentram, penuh senyum, dan penuh kelembutan.

9. Kosmetik Islami

Beberapa hal berikut ini bisa menjadi 'kosmetik' yang akan mempercantik Sahabat Muslimah.

Untuk bibir yang menarik, selalu ingat untuk bicara kebenaran dan ucapkan kata-kata kebaikan. Perbanyaklah senyuman. Sedangkan mata yang indah, bisa dengan menghindari penglihatan yang haram dan mengundang zina mata.

Tubuh yang langsing bisa didapat dengan bersedekah. Jika ingin rambut yang indah, jilbab adalah perlindungan terbaik. Untuk ketenangan, berjalanlah dengan pengetahuan dan pikiran positif.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

© 2017 Muslimahdaily.com All Rights Reserved.