Pentinggnya Memahami Diabetes Mellitus Hingga Komplikasinya

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Penyakit.id )

Muslimahdaily - Salah satu penyakit yang termasuk dalam jenis penyakit degeneratif atau turunan yang harus diwaspadai adalah diabetes mellitus. Penyakit diabetes mellitus ini seringkali juga disebut sebagai penyakit kencing manis. Ada berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab terjadinya diabetes mellitus pada tubuh seseorang. Anda perlu mengetahuinya dengan baik untuk bisa meminimalkan resiko sejak dini.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Diabetes Mellitus

Diabetes ini sebenarnya adalah penyakit adanya gangguan metabolisme akibat pankreas tidak dapat memproduksi insulin atau bahkan tubuh anda yang tidak bisa menggunakan produksi insulin yang ada secara efektif. Dalam hal ini, insulin merupakan salah satu jenis hormon yang berperan untuk mengatur keseimbangan glukosa darah. Sehingga jika sampai produksi atau fungsi insulin di dalam tubuh terganggu maka akan terjadi peningkatan kadar glukosa dalam darah atau yang disebut dengan hiperglikemia.

Berdasarkan kondisinya, diabetes ini dibagi menjadi dua jenis yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Untuk tipe satu adalah untuk yang produksi insulinnya tidak maksimal, sedangkan tipe dua adalah insulinnya tidak dimanfaatkan secara efektif oleh tubuh. Namun diluar itu, ada yang disebut dengan diabetes gestasional yaitu kondisi hiperglikemia yang terjadi pada ibu hamil. Berdasarkan survey prevalensi kejadian diabetes mellitus khususnya di Jawa dan Bali cukup tinggi pada usia 25-64 tahun. Sehingga anda juga harus mulai memperhatikan pola hidup dan berhati-hati terutama untuk yang memang memiliki faktor keturunan dari riwayat kesehatan keluarga yang pernah menderita diabetes mellitus. Selain keturunan, pola hidup yang kurang sehat termasuk di dalamnya adalah pola konsumsi juga menjadi faktor resiko yang perlu anda perhatikan dengan baik.

Komplikasi Pada Kasus Diabetes Mellitus

Kondisi penyakit diabetes mellitus atau hiperglikemia jika dibiarkan secara terus-menerus ternyata juga bisa menyebabkan berbagai kerusakan pada organ tubuh lainnya. Dengan begitu ketika anda divonis mengalami diabetes mellitus maka harus benar-benar menjaga berbagai hal mulai dari pola makan hingga pola hidup untuk meminimalkan adanya komplikasi penyakit yang akan memperburuk kondisi kesehatan anda.

Berikut beberapa komplikasi yang dapat terjadi pada penderita diabetes mellitus :

- Retinopati diabetikum atau kondisi rabun berlebihan hingga kebutaan karena kerusakan pembuluh darah di retina mata

- Meningkatkan resiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke

- Neuropati atau kerusakan syaraf terutama di bagian kaki sehingga menimbulkan masalah pada bagian kaki anda

- Dapat menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kondisi gagal ginjal

- Meningkatkan resiko kematian bagi penderitanya bahkan hingga dua kali lipat dibanding yang tidak terkena diabetes mellitus

Dari beberapa komplikasi dari diabetes mellitus tersebut yang terbanyak adalah pada kondisi neuropati. Bahkan dalam keadaan tersebut bisa sampai ke tindakan amputasi kaki. Adanya kerusakan pada bagian syaraf membuat anda tidak bisa merasakan jika terkena luka di bagian kaki dan akhirnya lukanya membesar dan sulit untuk mengering. Maka sering kali kita temukan penderita diabetes mellitus yang bagian kakinya luka dan sulit disembuhkan.

Untuk anda yang memiliki faktor resiko lebih besar akan lebih baik jika memeriksakan diri ke dokter secara rutin. Maka dengan begitu akan lebih mudah untuk mendeteksi sejak dini juka sudah ada gejala perkembangan penyakit diabetes mellitus. Jika ditangani dengan benar dan lebih dini tentu akan lebih mudah untuk disembuhkan, karena kebanyakan orang tidak menyadari sejak awal sudah terkena penyakit diabetes mellitus ini.

Leave a Comment