7 Tips Mencegah Bau Apek Saat Mengenakan Hijab

By November 7, 2017
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Bagi seorang muslimah yang memiliki mobilitas tinggi sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala agar terhindar dari bau apek. Tapi tahu gak kenapa rambut bisa cepat lepek dan mengeluarkan aroma bau yang tidak sedap. Salah satu faktor utamanya adalah kebersihan kulit kepala.

Muslimahdaily punya 7 tips untuk kulit kepala kamu agar kulit kepala tetap segar dan tidak menimbulkan bau apek walaupun seharian menggunakan hijab.

1.Rajin keramas, minimal 2 hari sekali. pastikan tidak ada sisa busa shampoo yang tertinggal di kulit kepala kamu saat cuci rambut. Terlalu sering mencuci rambut dapat membuat rambut rusak karena kandungan detergent yang terdapat pada shampoo dapat membuat kulit kepala mudah berketombe maupun rambut menjadi rapuh / rontok. Kurangi penggunaan conditioner , cukup seminggu sekali di aplikasikan ke ujung rambut saja.

2.Jangan Menyisir dan Mengikat rambut dalam keadaan basah / lembab. hindari mengikat rambut saat basah maupun terlalu kencang karena dapat mempengaruhi kekuatan akar rambut, ini mengakibatkan kulit kepala menjadi tersiksa sehingga memperlambat pertumbuhan rambut. Mengikat rambut saat kondisi basah mengakibatkan minyak akan menggumpal dikulit kepala dan menempel pada helaian batang rambut. Hal ini memicu terjadinya rambut lepek / berminyak dan bau. Jangan menyisir rambut terlalu sering. Menyisir rambut dapat merangsang kulit kepala untuk memproduksi minyak. Jadi, jika kamu ingin mengurangi bau apek pada rambut jangan terlalu sering menyisir rambutnya yah

3.Sebelum menggunakan hijab, pastikan rambut dalam keadaan kering. Karena rambut yang masih basah dan lembab akan menyerap bau sehingga membuat beban kulit kepala semakin berat.

4.Gunakan hijab dengan bahan yang ringan namun tidak menerawang agar kulit kepala dapat bernafas.

5.Menggunakan cuka apel, mulailah melakukan perawatan pada rambut cukup sebulan sekali agar dapat membersihkan segala kotoran dan juga sisa-sisa conditioner maupun shampoo yang menempel di bagian kulit kepala.

6.Masker rambut, perawatan dengan bahan alami seperti madu, minyak zaitun/kelapa, Yogurt, lemon/jeruk nipis dan lidah buaya. Walaupun kamu berhijab rambut harus tetap di berikan perawatan yang baik agar mahkota kamu tetap sehat

7.Kurangi makan – makanan berlemak yang dapat menambah produksi minyak berlebih pada kulit kepala

Itulah 7 Tips cara merawat kulit kepala agar mengurangi aroma yang tidak sedap / bau apek saat menggunakan hijab, semoga artikel ini bermanfaat yah.

Last modified on Tuesday, 07 November 2017 07:29
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
© 2017 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama