Perhatikan 9 Hal Ini Sebelum Menggunakan Softlens

By April 10, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Alpinevision.com )

Muslimahdaily - Mata merupakan jendela jiwa, begitu pentingnya sebagian orang enggan menyembunyikan pancaran indah matanya di balik lensa kacamata. Caranya dengan menggunakan lensa kontak yang dapat menyempurnakan penampilan dan menyembunyikan mata minusmu.

Sebelum memantapkan dan memutuskan untuk beralih menggunakan lensa kontak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diketahui berkaitan untuk kesehatan matamu.

1.Konsultasi Ke Dokter Mata

Konsultasikan dengan dokter mata untuk mengetahui kondisi terkini matamu.Ketahui apakah matamu memiliki potensi untuk alergi kalau mengenakan lensa kontak. Hal ini disebabkan setiap lensa kontak memiliki bahan dasar yang berbeda-beda tergantung dengan brandnya.

2.Jenis Lensa Kontak

Ketahui jenis lensa kontak dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Pertama, kategori softlens umumnya memiliki bahan yang lentur dan nyaman. Lensa kontak biasanya dijual bebas dan tersedia di optik-optik pada umumnya. Perhatikan hanya beberapa merk yang menyediakan minus sampai (-12). Tetapi jika minusnya diatasnya atau lensa kontak silindris biasanya harus melakukan pemesanan terlebih dahulu.

Kedua, kategori hardlense yang terbuat dari terbuat dari silicone hydrogel bentuknya kaku dan memberikan pengelihatan yang tajam. Tidak dijual bebas karena berdasarkan resep dokter atau hanya dijual di klinik mata tertentu.

3.Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Lensa kontak didesain untuk pemakaian pada periode tertentu seperti harian, mingguan dan tahunan. Untuk itu penting sekali untuk menggunakan sesuai waktunya agar tidak dapat membahayakan mata. Karena itu masing-masing kategori memiliki manfaat dan perawatan yang sesuai yaitu:

Lensa kontak harian. Jangka waktu pemakaian hanya sehari, sekali pakai dan tipis.

Lensa kontak bulanan. Jangka waktu pemakaiannya sebulan, namun masa pakainya tergantung penggunaan. Rutin melepas setiap harinya dan rendam dalam cairan khusus lensa kontak, terbuat dari bahan yang lebih tebal.

4.Survey Harga

Sebelum memutuskan untuk membeli lakukan survey harga terlebih dahulu diberbagai optik yang terpercaya. Lensa kontak memiliki harga yang bervariasi tergantung brand yang dipilih dan masa pakainya, jangan tergoda dengan lensa kontak berharga murah.

5.Sesuaikan Dengan Kondisi Kebutuhan Mata

Sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan matamu. Jika matamu tergolong kering, sebaiknya memilih lensa kontak yang mempunyai kadar air tinggi. Atau sebaliknya jika sudah tercukupi, pilih yang kadar airnya tidak terlalu tinggi.

6.Perlunya Bersikap Disiplin Menjaga Kebersihan

Kebersihan merupakan perhatian utama ketika memutuskan untuk menggunakan lensa kontak. Pastikan area untuk menggunakan dan melepas lensa kontak dalam keadaan bersih. Selalu rutin untuk mencuci tangan setiap akan melakukan kontak dengan mata dan keringkan terlebih dahulu sebelum mengenakan lensa kontak. Simpan selalu lensa kontak dalam rendaman khusus, jangan gunakan bila sudah terkena air karena sudah tidak higienis.

7.Jangan Gunakan Saat Tidur

Kita tak bisa memakai lensa kontak secara terus-menerus karena dapat membahayakan mata, minimal pemakaian adalah selama 8 jam. Hindari menggunakan di saat tidur karena dapat meningkatkan resiko infeksi dan rawan gangguan. Ketika mata dalam keadaan tertutup saat kita sedang tertidur maka yang terjadi suplai oksigen akan berkurang. Pastikan untuk melepas lensa kontakmu.

8.Siapkan Cadangan

Lensa kontak sangat sensitif karena memiliki tekstur yang lembut dan tipis. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti mata merah dan mata kelilipan terkena debu, bawa selalu cadangan lensa kontak, tempat penyimpan dan kacamata cadangan untuk tindakan preventif mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

9.Ingin Menggunakan Untuk Fungsi atau Sekedar Penampilan

Kini varian lensa kontak semakin beragam, tidak hanya bening yang dapat menunjukkan warna asli matamu. Jika ingin merasakan sensasi yang berbeda sekarang tersedia lensa kontak beragam varian warna yang membuat penampilanmu berbeda. Pemilik mata coklat dan hitam dapat merasakan sensasi bermata hijau dan biru.

Kalau sudah siap, tunggu apalagi pilih lensa kontak yang sesuai dengan kebutuhanmu

Goodbye Kacamata!

Last modified on Tuesday, 10 April 2018 17:44

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama