Tak Sekadar Bunga Hias, Mawar Punya 5 Kegunaan Untuk Kecantikan Wanita

By June 7, 2018 0

Muslimahdaily - Mawar, bunga paling populer di dunia, dianggap sebagai simbol cinta dan keindahan. Tidak mengherankan jika mawar sering dirangkai menjadi buket bunga cantik untuk diberikan pada orang tersayang hingga dijadikan dekorasi pernikahan.

Namun tidak banyak yang tahu jika bunga dengan beraneka warna cantik ini juga punya banyak manfaat untuk mempercantik kulit. Bukan hal yang baru, karena sejak zaman kuno, mawar telah digunakan dalam berbagai ramuan kecantikan hingga menjadi bahan yang populer di berbagai produk perawatan kulit.

Tapi tidak semua bunga mawar bisa dijadikan bahan perawatan kecantikan kulit alami, lho. Ada dua spesies mawar yaitu rosa damascene dan rosa centifola yang dikenal memiliki manfaat yang memanjakan kulit sehat dan cantik.

Rosa damascene yang berasal dari Bulgaria, sering menjadi elemen penting dalam produk kecantikan karena keharumannya, sedangkan Rosa centifola atau mawar Maroko memiliki aroma yang lebih ringan dan manis.

Ada banyak bagian mawar yang bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit, mulai dari kelopak, air dan minyak esensial, semua memiliki berbagai kegunaan dalam perawatan kulit. Kelopaknya bukan hanya penghias air rendaman, tapi juga membuat tubuh harum.

Sedangkan minyak esensial mawar memiliki campuran vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Ada juga rose water, produk sampingan yang diperoleh saat mengekstrak minyak mawar dari kelopak mawar, yang memiliki sifat antibakteri.

Ada banyak manfaat bunga mawar untuk kecantikan kulit Anda, simak 5 di antaranya.

Melawan Kulit Kusam

Polusi dan paparan radikal bebas dapat membuat kulit tampak kusam. Ekstrak bunga mawar dapat ditambahkan ke rutinitas perawatan kulit karena dapat digunakan untuk melembapkan, mencerahkan, dan melindungi kulit dari dehidrasi akibat polutan yang ada di udara. Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dengan menggunakan ekstrak mawar ini adalah Anda dapat dengan segera merasakan manfaatnya setelah diaplikasikan.

Melembapkan, Khususnya untuk Kulit Sensitif

Bunga mawar memiliki sifat emolien yang sangat baik untuk melembabkan kulit kering. Gula yang ditemukan dalam kelopak mawar memberikan kulit yang menenangkan dan menangkap kelembapan alami di kulit, membuat kulit erlihat lebih halus dan lembut, layaknya kelopak mawar indah itu sendiri.

Cara memanfaatkannya pun cukup mudah. Tambahkan beberapa tetes rose water ke pembersih dan pelembab yang biasa Anda gunakan. Aroma segarnya akan membantu merelaksasi sistem saraf Anda sementara sifat antiseptik air mawar membantu memulihkan tingkat pH kulit Anda. Oleh karena itu, penggunaan ekstrak mawar sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Mencegah Peradangan dan Kemerahan pada Kulit

Sifat anti-inflamasi dari minyak esensial mawar ampuh mencegah kemerahan dan peradangan kulit. Hal ini membuat bunga cantik ini juga digunakan untuk mengendalikan penyakit kulit seperti psoriasis, dermatitis atopik, dan rosacea.

(Baca Juga : Khawatir Kolesterol Tinggi, Konsumsi 9 Makanan Ini)

Menenangkan Kulit yang Terbakar Matahari

Mengalami kulit yang memerah, gatal, dan perih akibat tersengat matahari? Anda bisa memanfaatkan ekstrak bunga mawar untuk membantu meringankan luka bakar. Hal ini disebabkan kelimpahan vitamin C sebagai antioksidan yang efektif mengembalikan kesehatan kulit.

Bikin Kulit Tampak Awet Muda

Kulit yang mulai terganggu oleg garis halus, keriput, kusam, dan lingkaran hitam, bisa dicegah dengan menggunakan bunga mawar. Manfaatkan minyak esensial mawar, satu-satunya minyak nabati yang mengandung retinol atau vitamin A, yang membantu mengatasi tanda-tanda penuaan.

Sedangkan untuk lingkaran hitam, gunakan kapas yang direndam dalam air mawar untuk meringankan dan mengurangi bengkak di mata. Jangan lupa, buat campuran almond dan kelopak mawar yang dioleskan langsung pada wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuatnya tampak lebih cerah dan halus.

Last modified on Thursday, 07 June 2018 05:51

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama