Berikut 6 Tips Mengecilkan Pori-Pori Besar Di Wajah

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Punya wajah mulus dan bersih menjadi impian banyak wanita. Namun tak sedikit pula masalah yang dialami wanita dalam perawatan wajahnya. Kulit berminyak, kulit kering, sampai pori-pori besar. Hal tersebut menjadi masalah utama. Memiliki pori-pori wajah yang terlihat besar membuat tingkat kepercayaan diri menurun.

Dituturkan oleh, Dr. Juni Tjahjati, Dokter Kecantikan dari JT Clinic di event bertajuk  Beauty Ramadhan 2018 berlangsung di Kalibata City Square beberapa waktu lalu. “Pori-pori pada wajah kita seperti tabung. Jika didalamnya ada kotoran, pori-pori akan tersumbat dan menimbulkan jerawat.”

Lebih jelasnya, pori-pori yang tersumbat, menjadi terbuka dan membesar. Pori-pori yang membesar pun menjadi sumber dari jerawat dan komedo. Mari simak langkah-langkat untuk mengecilkan pori-pori wajah.

1.Bersihkan wajah setelah berpergian maupun sebelum tidur

Pilihlah pembersih wajah yang aman dan sesuai jenis kulit. Hati-hati dalam pemilihan pembersih wajah yang justru dapat membuat kulit menjadi kering. Bahkan busa dan aroma pada pembersih wajah juga dapat menyebabkan peradangan pada kulit wajah.

Biasakanlah untuk membersihkan wajah minimal 2 kali sehari. Namun, kembali lagi tergantung pada jenis kulit dan aktivitas yang dilakukan. Gunakan air hangat pada saat membersihkan wajah. Aplikasikan toner atau penyegar setelah membersihkan wajah. Toner memiliki fungsi membersihkan sisa kotoran dan sel kulit mati, sehingga dapat mencegah penumpukkan pada permukaan kulit.

2.Konsumsi makanan yang sehat dan vitamin

Makanan yang sehat menjadi faktor utama dalam kesehatan kulit wajah. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin serta kandungan lainnya. Serta konsumsi makanan berserat dan protein cukup. Tak lupa minum air putih untuk memberikan efek baik bagi kulit wajah. Usahakan juga untuk menghindari junk food.

(Baca Juga : 9 Manfaat Luar Biasa Wudhu yang Jarang Diketahui)

3.Lakukan Pengelupasan Sel Kulit Mati Secara Rutin

Salah satu cara mengecilkan pori-pori secara efektif adalah dengan menghilangkan sebum yang menyumbat dan mengangkat sel kulit mati pada wajah. Untuk membersihkannya bisa gunakan scrub atau peel gel. Lakukan scrubing secara berkala tergantung pada jenis kulit.

Untuk kulit berminyak, lakukan dua kali dalam seminggu. Sedangkan untuk kulit kering, lakukan sekali dalam dua minggu. Namun jika kulit wajah sensitif sebaiknya konsultasikan kepada dokter dermatologis.

4.Hindari sengatan sinar matahari yang merusak

Paparan sinar ultraviolet pada matahari dalam jangka waktu lama dapat merusak kolagen sehingga menyebabkan pori-pori wajah membesar. Jika menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari, gunakan tabir surya atau pelembab yang mengandung SPF 15 atau pun bisa lebih tinggi dari itu. Sebaiknya gunakan tabir surya secukupnya 20 menit sebelum keluar ruangan.

5.Pilih makeup yang tepat

Penggunaan makeup base dan foundation dapat menutupi pori-pori menjadi membesar dan tersumbat. Sebaiknya gunakan produk kosmetik bebas minyak dan non-comedogenic, serta gunakan bedak tabur untuk finishing makeup.

(Baca Juga : Two Way Cake VS Loose Powder, Lihat Masing-Masing Kegunaannya)

6.Kurangi Menyentuh Wajah Terlalu Sering

Sebagian orang yang memiliki kulit bermasalah, terkadang memiliki kebiasaan menyentuh kulit wajah. Kebiasaan tersebut bisa menyebabkan kulit menjadi kotor dan pori-pori membesar. Hindari memegang wajah terlalu sering tanpa mencuci tangan dulu. Ini adalah cara menghindari pori-pori membesar yang perlu diperhatikan.

Last modified on Senin, 18 Jun 2018 08:45

Leave a Comment