Ketahui Langsung Jenis Sakit Perut Pada Titik Sakitnya

By July 6, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Penyakit yang paling banyak dijumpai yaitu sakit perut. Lumrah rasanya mengetahui penyebab sakit perut karena faktor luar. Seperti, makan sembarangan, kelelahan, atau juga stres.

Ada berbagai jenis sakit perut. Tergantung di mana rasa tidak nyaman dari perut itu berasal. Sakit perut ditandai dengan pembengkakan atau peradangan pada lapisan lambung dan usus. Penyebabnya yaitu karena makan atau minum terlalu banyak.

Menurut internis dan gastroenterolog, Dr. dr. H Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB melalui Tempo, ada dua macam nyeri di perut, yakni nyeri akut tiba-tiba dan nyeri kronis. Nyeri akut pada perut ada macam-macam.

Kemungkinan lainnya adalah virus atau reaksi alergi pada jenis makanan tertentu. Gejala awal yang dirasa ketika sakit perut yaitu nyeri pada ulu hati, bersendawa, menggigil, hingga berujung muntah. Jika tubuh sudah mengalami gejala sakit perut yang serius, segera konsultasikan ke dokter.

Berikut gejala sakit perut yang perlu diperhatikan.

1.Perut Sebelah Kanan Bagian Atas

Jika sakit pada perut kanan bagian atas dipicu gejala radang usus buntu, biasanya disertai dengan mual, kembung, sembelit, dan demam. Adapun nyeri di sisi kanan atas perut menyebar ke bagian lain termasuk punggung yang merupakan indikasi radang empedu.

Lebih parahnya deteksi sakit di bagian perut kanan atas ini juga memicu batu ginjal, hepatitis, atau penyakit lainnya yang berhubungan dengan hati.

(Baca Juga : Minum Kopi Kurangi Resiko Kematian Usia Muda)

2.Perut Sebelah Kanan Bagian Bawah

Sama halnya, dengan sakit yang dialami perut sebelah kanan bagian atas. Dipicu gejala usus buntu juga. Nyeri di sekitar dan di bawah pusar pun juga disebabkan oleh kolitis atau radang usus. Selain itu juga indikasi gangguan usus, infeksi saluran kemih, atau radang panggul

3.Perut Sebelah Kiri Bagian Atas

Penyebab sakit di bagian perut sebelah kiri atas karena perut yang kosong, Pankreatitis akut karena peradangan dari pancreas yang terletak di sisi kiri atas perut. Selanjutnya Gastritis, dapat terjadi ketika ada iritasi pada lapisan lambung, iritasi yang disebabkan infeksi bakteri H. Pylori.

Terakhir, Angina atau nyeri dada yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah menuju otot jantung. Angina menjadi gejala awal dari penyakit arteri koroner. Angina seringkali dialami wanita dengan gejala seperti mual, sesak napas,sakit perut sebelah kiri atau kelelahan ekstrem.

4.Perut Sebelah Kiri Bagian Bawah

Sakit perut sebelah kiri bawah diikuti gejala yang ditimbulkan. Hal tersebut karena secara biologis, perut bagian kiri bawah merupakan ujung dari usus besar atau kolon. Bila merasa sakit atau nyeri dalam 1 atau 2 hari, tidak perlu khawatir. Apalagi sakit yang disebabkan karena nyeri haid atau menstruasi. Namun jika seringkali sakit terjadi bisa jadi ada beberapa gejala penyakit serius.

(Baca Juga : Tiga Jenis Thibbun Nabawi Peninggalan Rasulullah)

Indikasi penyakit batu ginjal hampir mencakup sakit pada seluruh bagian perut. Gejala penyakit Hernia, kondisi organ yang menekan keluar jaringan atau otot dari tempat seharusnya, biasanya berupa kombinasi dari kondisi otot yang lemah dan tekanan yang berlebihan. Faktor terjadinya Hernia antara lain, usia, pasca operasi, hamil hingga mengankat beban terlalu berat.

Penyakit terburuknya adalah cikal bakal tumbuhnya tumor jinak berisi cairan yang tumbuh di permukaan indung rahim atau kista indung rahim. Banyak wanita memiliki kista indung rahim pada bebeapa titik selama hidupnya.

Hanya saja mayoritas kista ovarium menghilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan. Namun jika kista ovarium sudah parah akan menimbulkan nyeri perut yang parah disertai demam atau muntah.

Sebaiknya kenali gejala-gejala tersebut sejak dini. Kalau seringkali terjadi segera konsultasikan ke dokter. Agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Last modified on Friday, 06 July 2018 08:44

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama