Rajin Diet, Berat Badan Kok Gampang Naik Tiba - tiba, Ini 6 Alasannya

By September 10, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Wanita mana yang tidak ingin memiliki berat badan ideal? Tapi, jika sudah rajin diet dan ternyata berat badan mudah naik secara tiba – tiba tentu menimbulkan tanda tanya besar. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa berat badan bisa cepat bertambah secara tiba - tiba. Cek apakah Anda mengalami hal – hal berikut ya.

1. Massa otot bertambah

Dengan berolahraga secara teratur, tubuh akan semakin sintal dan ramping. Tetapi, berat badan kok terus menunjukkan pertambahan angka yang signifikan? Tidak perlu bingung, itu bisa menjadi pertanda bahwa sebenarnya massa otot Anda sedang bertambah dan jumlah timbunan lemak berkurang. Ciri – cirinya, tubuh terlihat makin atletis, dipenuhi otot yang seksi, serta mendapatkan kurva tubuh yang ideal. Pantau terus pertambahan berat badan ini dengan diiringi konsultasi dengan pakar kesehatan atau instruktur olahraga Anda.

2. Retensi air karena haid

Setiap wanita akan mendapatkan tamu bulanan yang tidak diundang. Pada masa ini perubahan hormon tubuh akan naik turun seperti roller coaster. Membuat nafsu makan dan berat badan juga naik turun bagaikan mainan yoyo. Saat dalam masa datang bulan atau menstruasi, tubuh wanita yang mengalami fluktuasi hormon juga bisa menahan atau meretensi kadar air akibat menurunnya hormon progesteron. Itulah sebabnya, berat badan mudah naik. Tapi, tidak perlu cemas berkepanjangan karena berat badan akan segera turun setelah masa siklus menstruasi bulanan berakhir.

3. Sehabis makan dan minum

Pertambahan berat badan juga bisa disebabkan karena Anda makan dan minum berlebihan dalam waktu singkat. Kenaikan instan ini terjadi, ketika Anda menimbang berat badan tepat usai makan dan minum air sebanyak 1 liter, misalnya. Sontak saja, berat badan akan segera bertambah dengan tidak mengherankan.

4. Mengonsumsi tinggi garam

Tubuh yang terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam atau terlalu asin juga bisa membuat kenaikan berat badan yang signifikan dan mendadak. Hal ini diakibatkan karena garam akan menahan atau meretensi air di dalam tubuh. Seperti yang dikutip dari laman KlikDokter, dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan garam yang bersifat meretensi air, akan membuat tubuh seperti membengkak dan meningkatkan berat badan. Jadi, seusai makan makanan yang asin atau tinggi garam, dianjurkan untuk meminum air lebih banyak agar tubuh bisa menjaga keseimbangan cairannya.

5. Kondisi penyakit tertentu

Berat badan yang gampang naik juga bisa dipicu karena riwayat penyakit tertentu. Misalnya, sindrom cushing maupun hipotiroidisme. Anda mungkin mengenalnya dengan penyakit gondok atau pembengkakan kelenjar di leher sehingga berat badan bertambah. Para pengidap sindrom cushing juga rentan memiliki fluktuasi berat badan karena perubahan hormon kortisol yang sedang naik sehingga melampiaskan pada nafsu makan yang berlebihan.

6. Suntikan insulin

Kenapa berat badan bertambah drastis? Salah satu penyebab lainnya adalah suntikan insulin pada penderita diabetes tipe 2 atau diabetes melitus. Suntikan insulin biasanya dilakukan untuk menstabilkan kadar gula darah pasien dan dapat meningkatkan berat badan secara tiba – tiba. Pasalnya, selepas disuntik insulin pasien akan merasa lebih berselera makan dan lebih cepat lapar. Tidak heran jika berat badan mudah naik.

Berat badan yang gampang naik mendadak ternyata ada penyebabnya. Pastikan kondisi kesehatan Anda dengan berkonsultasi ke dokter. Jika berat badan bertambah tanpa ada keluhan lain sepertinya Anda memang tidak perlu khawatir berlebihan.

Last modified on Monday, 10 September 2018 09:35

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama