Kerja di Kantor Ber-AC Seharian, Ini 5 Hal Sehat yang Wajib Dilakukan

By September 12, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Bekerja di kantor yang ber-AC saat ini sudah menjadi rutinitas yang lumrah bagi karyawan milenial. Ruangan kantor memang harus selalu dipertahankan suhu udara agar dingin karena berkaitan dengan daya tahan komputer dan perangkat – perangkat elektronik agar bisa bekerja maksimal di suhu tetap rendah.

Namun sayangnya, kulit manusia sangat rentan dengan perubahan suhu. Ruangan kantor yang bersuhu terlalu dingin kadang – kadang membuat kulit jadi mudah kering, bersisik dan bibir terkelupas karena dehidrasi. Jika dibiarkan dalam waktu yang berkepanjangan, kulit akan menjadi mudah keriput dan kering seperti tanda – tanda penuaan dini. Wah, jangan sampai hal itu terjadi, ya.

Untuk menghindarinya, buat Anda yang bekerja di kantor dengan suhu ruangan yang selalu dingin karena AC tidak perlu khawatir. Coba ikuti beberapa tips berikut yuk...

1. Perbanyak minum air putih

Bersiaplah dengan kondisi suhu dingin dan senantiasa menjaga kelembapan kulit. Perbanyak minum air putih dan membawa sebotol air yang bisa diisi ulang di pantry. Setidaknya minum 2 liter air atau 8 gelas air sehari.

2. Gunakan semprotan face mist

Bagian kulit wajah merupakan salah satu yang paling mudah terkena imbas saat perubahan suhu ekstrim dari dingin ke panas dan sebaliknya. Jika kondisi kulit wajah dan bibir mulai terasa kaku, kencang dan kering, segera aplikasikan semprotan face mist setelah memakai make up dan pelembap. Semprotan face mist bertujuan untuk mengunci formulasi make up agar tetap menempel dalam waktu yang lama seharian.

3. Suhu 24 derajat celcius

Menurut Perusahaan Listrik Negara, disarankan untuk mengatur suhu AC pada kisaran 23° - 24° Celcius. Suhu rata – rata ini akan membuat kondisi ruangan terasa lebih sejuk dan nyaman tanpa membebani kinerja kompresor dan fan secara berlebihan. Sehingga lebih hemat arus pemakaian listrik.

Lagipula, tubuh manusia juga bersuhu normal rata – rata sekitar 26° Celcius. Tentu, suhu ini masih tergolong wajar dan tidak terlalu ekstrim panas ataupun dingin agar kulit tidak terlalu kering.

4. Menjaga kelembapan udara

Kelembapan udara sangat penting untuk dijaga demi kesehatan. Ruangan yang terlalu lembap atau basah, mudah menjadi sarang bakteri, kuman dan jamur. Sontak hal ini akan turut mempengaruhi kesehatan anggota keluarga di rumah. Salah satu alat praktis dan modern yang dapat digunakan adalah humidifier. Alat ini akan membantu menjaga kelembapan udara sekaligus menyaring kotoran atau bakteri yang bertebaran di udara.

Akan tetapi, biasanya humidifier hanya tersedia di kantor atau pusat fasilitas publik karena harganya sendiri tergolong mahal. Tak perlu repot, Anda bisa membuat sendiri humidifier dengan bantuan AC. Caranya, cukup sediakan semangkuk air hangat di dekat AC yang dinyalakan. Air dalam mangkuk akan berfungsi sebagai tempat menguap dan menjaga kondisi kelembapan udara di dalam ruang.

5. Menggunakan losion pelembap

Selain itu, untuk merawat kulit dari luar pakailah losion pelembap kulit yang memiliki bahan – bahan dari formula alami atau herbal seperti lidah buaya. Tidak hanya membuat kulit tetap lembap dan halus, tetapi juga mampu meremajakan kulit sehingga mencegah penuaan dini atau kerutan.

Bahan herbal alami yang bisa membantu mempertahankan elastisitas dan kelembapan kulit seperti madu dan minyak zaitun.

Oke, sekarang Anda bebas bekerja dan beraktivitas dalam ruangan ber-AC seharian. Catat baik – baik informasinya dalam ingatan Anda.

Last modified on Wednesday, 12 September 2018 12:27

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama