Konsumsi Air Tebu, Dapatkan 6 Manfaat Mengagumkan Untuk Kesehatan

By October 10, 2018 0
Minuman dari Tebu Minuman dari Tebu ( Foto : iStockphoto )

Muslimahdaily  - Bicara tentang air tebu, pikiran langsung terlintas cuaca panas terik yang seketika jadi adem setelah meneguk es air tebu yang banyak dijajakan oleh pedagang air tebu di pinggir jalan. Air tebu bahkan dijadikan produk minuman franchise yang sangat laris. Warnanya hijau dengan citarasa manis dan nikmat, tak heran mulai dari anak – anak hingga orang dewasa menyukainya.

Menurut dokter dan ahli gizi, ternyata tebu juga mengandung banyak manfaat kesehatan. Bahkan, di India, sejak ratusan tahun lalu menggunakan tebu sebagai pengobatan tradisional dan hingga kini India menjadi penghasil tebu terbesar di dunia. Seperti di kota Uttar Pradesh, Maharashtra, Karnataka, Tamil Nadu dan Andhra Pradesh.

Manfaat kesehatan air tebu diperoleh dari kandungan energi hingga 26,5 kalori, karbohidrat- 27,51 g, Protein-0,27 g, serta kalsium11,23 mg (1%), besi 0,37 mg (3%) dan lain – lain. Berikut ini adalah beberapa khasiat air tebu bagi tubuh yang akan membuat Anda semakin menggemari air tebu :

1. Kaya Anti Oksidan

Tebu mengandung anti oksidan tinggi yang bisa melawan infeksi virus dan meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, kaya zat besi, magnesium, kalsium dan elektrolit alami yang cocok dijadikan minuman pemulih tenaga sehabis olahraga. Air tebu juga membantu mencegah dehidrasi dan menggantikan ion dan elektrolit yang hilang.

2. Mencegah penyakit kuning

Penyakit kuning biasanya melanda bayi – bayi yang baru lahir. Namun, tidak menutup kemungkinan menyerang orang dewasa. Pigmentasi kuning pada kulit dan selaput mata disebabkan karena peningkatan kadar bilirubin dalam cairan tubuh yang dipicu oleh kegagalan fungsi hati. Dengan mengonsumsi air tebu, tubuh yang kehilangan protein dan nutrisi dapat kembali pulih dengan cepat.

3. Minuman berenergi

Selanjutnya, selain manis ternyata jus tebu juga kaya karbohidrat, protein serta kalium yang bisa menambah energi tubuh. Terutama saat musim panas atau cuaca sedang terik, segelas air tebu yang segar akan mengembalikan tingkat energi yang normal. Air tebu juga cepat mengatasi kelelahan atau lemas.

4. Meredakan asam lambung

Menurut penelitian, air tebu juga memiliki sifat pencahar yang meningkatkan gerakan usus untuk mencegah sembelit alias konstipasi. Tak hanya itu, bagi yang memiliki asam lambung, air tebu juga mengandung alkalin yang berarti bisa memberikan keuntungan bagi Anda yang kerap merasakan asam lambung. Minum air tebu secara teratur untuk melapisi lambung agar tidak mudah sakit magh.

5. Aman dikonsumsi penderita diabetes

Meskipun rasanya manis, ternyata air tebu mengandung gula alami dengan indeks glikemik yang rendah. Menurut penelitian, minum jus tebu tidak akan meningkatkan kadar glukosa darah pada penderita diabates secara drastis.

6. Anti - penuaan dini

Kulit kencang dan awet muda menjadi dambaan setiap wanita. Air tebu yang mengandung flavonoid atau agen anti oksidan dan senyawa fenolik akan membantu meningkatkan kecantikan kulit. Selain itu, kulit akan senantiasa lembap dan terhidrasi meskipun cuaca di luar rumah seringkali ekstrim dan berubah – ubah.

7. Mencegah insomnia

Kerja lembur atau banyak pikiran kerap membuat seseorang jadi kesulitan tidur alias insomnia. Dengan minum air tebu secara ajaib tubuh akan lebih rileks dan kadar hormon yang menenangkan tubuh menjadi seimbang. Inilah yang membuat Anda jadi lebih mudah mengantuk dan terlelap.

8. Menjaga gigi sehat dan bau mulut

Karena mengandung banyak air, bakteri yang berada di dalam mulut akan lebih mudah dihilangkan. Sementara, kandungan kalsium dan fosfor dalam air tebu juga bisa memperkuat enamel gigi sehingga gigi lebih sehat.

Yuk, mulai sekarang rajin minum air tebu secara teratur ya..

Last modified on Wednesday, 10 October 2018 09:58

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama