Benarkah Berat Badan Sudah Ideal? Begini 5 Cara Mengeceknya

By October 7, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Berat badan bisa menjadi tolak ukur bagi kesehatan kita. Dengan memiliki berat badan yang proporsional, seseorang tidak hanya merasa percaya diri setiap saat. Tetapi, juga merasa badan lebih ringan, enteng, lincah dan aktif bergerak.

Dari sisi kesehatan, jelas sangat penting menjaga berat badan yang ideal. Kinerja jantung serta organ – organ vital manusia tidak akan mudah mengalami kerusakan karena “dipaksa” bekerja lebih keras seperti saat badan mulai bertambah gemuk atau obesitas. Lama – kelamaan, berat badan yang terlalu besar juga membuat aktivitas kerap terganggu karena merasa mudah capek, letih dan kesulitan bernapas.

Risiko penyakit karena berat badan berlebihan juga tidak main – main. Di antaranya seperti sakit jantung koroner, diabetes tipe 2, paru – paru, hingga penyakit ginjal sudah mengancam hingga nyawa menjadi taruhannya.

Akan tetapi, banyak orang yang merasa bahwa meski tubuhnya besar atau gemuk, semua masih terlihat normal dan wajar saja. Benarkah demikian? Anda bisa kok, mengecek sendiri apakah berat badan masih ideal atau tidak. Berikut ini langkah – langkahnya.

1. Membandingkan tinggi badan

Berat badan seseorang masih dikatakan normal apabila sama dengan angka tinggi badan dikurangi 100. Rumusnya: Tinggi badan – 100 = berat badan ideal. Jadi, sebagai contoh apabila Anda memiliki tinggi badan 155 cm, maka berat badan yang ideal antara 45 – 55 kg (155- 100).

Jika, berat badan Anda melebihi rentang tersebut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli medis untuk mendapatkan daftar gizi yang tepat untuk diet menurunkan berat badan. Selain itu, usahakan agar tetap berolahraga selama 15 menit – 30 menit setiap hari untuk menjaga berat badan yang proporsional.

2. Tubuh fit dan aktif

Tubuh setiap orang memang unik dan memiliki keistimewaan masing – masing. Meskipun tubuh terlihat berisi dan besar, akan tetapi jika merasa selalu fit dan bisa bergerak bebas dengan aktif, hal ini juga bisa menjadi indikasi bahwa berat badan Anda masih bisa dikatakan ideal. Akan tetapi, sebaliknya jika berat badan yang berlebihan membuat Anda selalu lesu, mengantuk setiap waktu dan malas bergerak, sebaiknya segera melakukan pola makan sehat untuk mengurangi berat badan.

3. Bisa tidur pulas

Orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan umumnya sangat sulit tidur. Tubuh merasa tidak nyaman. Entah saluran pencernaan merasa sakit, persendian terasa nyeri, badan pegal dan capek, serta keluhan lainnya. Namun, apabila Anda bisa tidur sepanjang malam meskipun memiliki tubuh berisi tidak perlu khawatir berlebihan karena tubuh Anda dalam keadaan yang masih relatif sehat.

4. Indeks massa tubuh stabil

Saat menimbang berat badan, angka yang ditunjukkan relatif stabil dengan ukuran berat badan sebelumnya. Seperti yang sudah disinggung di atas, rentang angka berat badan tidak terlalu naik atau turun signifikan.

Misalnya, tinggi badan 155 cm, maka indeks masa tubuh yang dianggap masih relatif stabil di antara 45 kg hingga 55 kg. Agar lebih yakin, konsultasikan kondisi kesehatan Anda dengan dokter atau ahli untuk dihitung sesuai indeks massa tubuh yang direkomendasikan.

5. Mengukur lingkar pinggang

Ukuran lingkar pinggang seseorang juga bisa menjadi patokan atau indikasi kesehatan. Secara umum, jika ukuran lingkar pinggang masih cukup dalam 4 jengkal tangan Anda yang dilingkupkan ke pinggang, maka berarti berat badan masih relatif ideal. Namun, apabila 4 jengkal tangan sudah tidak bisa melingkar di pinggang, berarti sudah saatnya untuk menurunkan berat badan Anda.

Nah, tak perlu bingung mengecek berat badan, silakan langsung dipraktikkan.

Last modified on Sunday, 07 October 2018 08:36

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama