Berbagai Manfaat dan Efek Samping Vitamin C Menurut Pakar Kecantikan

Berbagai Vitamin C Berbagai Vitamin C ( Foto : Getty Images/Hentiksen )

Muslimahdaily - Eksistensi vitamin C sudah tidak bisa diragukan lagi. Saat ini banyak wanita memanfaatkan vitamin C untuk menunjang kecantikannya, baik itu dengan cara injeksi, serum maupun krim kecantikan. Beberapa manfaat vitamin C untuk kulit adalah membantu produksi kolagen agar kulit tetap sehat, menangkis dan mengurangi tanda-tanda penuaan, serta kekeringan pada kulit.

Vitamin C untuk Kesehatan Kulit

Menururt dr. Dewi Hasanah. Sp.KK., “Hal paling utama yang harus dilakukan agar tidak terpapar sinar UV ialah menggunakan sunscreen. Serta, kandungan skincare yang dibutuhkan kulit ialah mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas juga mengkonsumsi vitamin C yang dapat membantu pembentukan kolagen yang berperan dalam menjaga kekenyalan kulit serta membantu mencerahkan kulit, merawat dan melindungi kulit secara maksimal,” paparnya dalam acara Wardah Day 2018, beberapa waktu lalu.

Vitamin C yang dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit karena vitamin ini merukapan salah satu bentuk antioksidan. Antioksidan sendiri bertugas untuk melindungin dari molekul-molekul yang berbahaya yang disebut radikal bebas.

“Vitamin E pun sangat pas untuk merawat kulit wajah. Jika vitamin C dan E berkolaborasi maka sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas dari wajah bahkan tubuh,” ucapnya.

Jenis-jenis Vitamin C

Banyak jenis Vitamin C yang bisa dimanfaatkan antara lain injeksi atau suntik, suplemen vitamin C, dan vitamin C dalam bentuk serum atau krim. Cara kerja dan pemanfaatan setiap jenisnya berbeda-beda.

Menurut dr Dewi yang paling dianjurkan yaitu dengan cara injeksi atau suntik, karena dengan injeksi vitamin yang masuk akan langsung mengalir ke seluruh tubuh. Berbeda dengan injeksi, penggunaan suplemen justru cenderung lebih banyak resikonya.

“Suplemen yang masuk ke dalam tubuh akan melewati saluran pencernaan yang mengakibatkan sisa dari proses penyebaran akan mengendap di dalam ginjal dan akan mengakibatkan batu ginjal,” ujar dr Dewi.

Oleh karenanya, dr Dewi menganjurkan penggunaan vitamin C harus dalam batas wajar agar tidak menyebabkan dampak yang serius. “Apabila penggunaan Vitamin C masih dalam tahap wajar, maka tidak akan ada dampak yang serius bagi tubuh,” tambahnya.

Kandungan Vitamin C dalam Buah dan Sayuran

Selain skincare, mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C juga sangat bermanfaat bagi kulit dan tubuh. “Konsumsi buah-buahan seperti jeruk dapat membantu menutrisi tubuh dan dapat mudah dicerna oleh tubuh dengan baik,” tutupnya.

Last modified on Kamis, 18 Oktober 2018 18:07

Leave a Comment