Tubuh Lebih Sehat Karena Shalat

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Shalat adalah kewajiban setiap umat muslim di belahan dunia manapun dan merupkakan amalan ibadah yang paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Gerakan-gerakannya sudah sangat melekat dengan gestur seorang muslim.Ternyata ada rahasia kesehatan dalam gerakan shalat. Tidak banyak yang tahu manfaat dari gerakan sholat bagi tubuh manusia. Bila dilihat dari sudut pandang ilmiah menjadikan shalat gudang obat bagi berbagai jenis penyakit. Dr. Azwar Bahar mejelaskan manfaat dari gerakan shalat yang belum banyak diketahui.

Takbitatul Ihram

Manfaat dari gerakan ini yaitu melancarkana aliran darah, getah bening (limfa) dan kekuatan otot lengan. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Posisi tangan yang diletakkan di bawah dada juga menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Rukuk

Badan yang melengkung 90 derajat kedepan, gerakan rukuk ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) untuk penyangga tubuh dan pusat syaraf. Dengan kepala yang sejajar dengan tulang belakang karena tubuh yang melengkung maka posisi jantung juga sejajar dengan otak, amaka aliran darah maksimal pada tubuh bagian bawah. Selain itu, rukuk adalah latihan kandung kemih untuk mencegah gangguan prostat.

I’tidal

Manfaat I’tidal ini untuk pencernaan yang baik, karena organ pencernaan didalam perut mengalamni pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya pencernaan menjadi lebih lancar.

Sujud

Manfaat dari sujud ini yaitu Aiiran getah bening akan dipompa kebagian leher dan ketiak, dan posisi jantung diatas otak menyebabkan darah kaya oksigen akan mengalir maksimal ke otak dan posisi sujud ini bisa menghindarkan wasir. Khusus untuk wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Duduk

Posisi duduk pada gerakan sholat itu ada dua macam yaitu, tahiyyat awaw dan tahiyyat akhir. Perbedaannya terletak pada posisi kaki. Manfaat duduk tahiyyat awal adalah yaitu menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan.

Sedangkan tahiyyat akhir sangat bermanfaat bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria dan saluran vas deferens jika dilakukan dengan benar , posisi ini bisa mencegah impotensi. Perbedaan posisi kaki juga menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relax kembali, ini sangat bagus untuk organ-organ gerak kita.

Salam

Gerakan memutar kepala kekanan dan kekiri secara maksimal. Manfaatnya adaalah relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala, geerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

Itulah rahasia dari gerakan shalat, selain dapat pahala kita juga sehat secara jasmani dan rohani. Teman muslimah sudahkah shalat hari ini?

Leave a Comment