Remaja Jangan Cuek, Ini 7 Perawatan Kulit Wanita Dibawah Usia 20-an

By October 27, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Muslimahdaily.com/ali )

Muslimahdaily - Berhubung kulit remaja masih kencang dan bebas kerutan, bukan berarti lantas remaja harus cuek soal perawatan kulit wajah. Justru selagi usia masih muda, perawatan kulit bisa dilakukan secara bertahap agar kulit senantiasa sehat dan awet muda.

Masalah kulit seperti jerawat, kusam atau kerutan bisa dihindari dengan perawatan kulit secara teratur. Terlebih lagi, jika remaja memiliki segudang aktivitas di luar rumah. Asap, polusi, debu dan paparan sinar UV matahari bisa menyebabkan aneka masalah kulit. Jika jarang dirawat, tidak heran kulit wajah remaja tampak kusam dan lebih tua dari usia sebenarnya.  

Jika Anda wanita yang berusia masih di bawah 20 tahun, jangan ragu untuk segera memulai perawatan kulit. Semakin rajin merawat kecantikan dan kesehatan kulit, maka akan semakin mudah menjaga penampilan yang terlihat muda selamanya.

Jangan khawatir, perawatan kulit untuk remaja tidak butuh biaya yang mahal dan ribet kok. Berikut ini panduan merawat kulit anti ribet untuk remaja:

1. Pilih produk perawatan kulit yang berformula alami

Khusus kulit remaja yang masih normal tidak perlu produk – produk perawatan kulit yang terlalu mahal. Pilih saja produk perawatan kulit yang cocok dengan jenis kulit remaja.  

Konsultasikan dengan dokter atau ahli medis untuk menentukan produk perawatan apa yang paling ideal. Jika dalam penggunaannya, kulit tampak lebih cerah, bersih dan terawat, lanjutkan pemakaian. Atau produk perawatan kulit yang tidak menimbulkan alergi sudah lebih dari cukup.  

2. Mencuci wajah sebelum tidur

Meski jarang memakai make up seperti wanita dewasa, wajah remaja tetap harus dibersihkan secara teratur. Setidaknya, cuci wajah dengan sabun cuci muka setelah beraktivitas atau sebelum tidur malam.

Karena debu dan polusi bisa mengendap di dalam pori – pori permukaan kulit dan menjadi jerawat. Apalagi, jika jenis kulit remaja cenderung mudah berkeringat atau berjerawat, kebersihan kulit wajah harus ekstra diperhatikan.  

3. Lulur wajah

Perawatan lain yang mungkin kerap disepelekan oleh remaja atau gadis adalah lulur wajah. Pilih butiran produk scrub wajah yang lembut dan halus untuk mengangkat kotoran dan sel – sel kulit mati. Sehabis luluran wajah akan tampak lebih segar, bersih dan cerah. Setidaknya lakukan lulur wajah atau scrubbing 2 kali dalam satu minggu. Jangan terlalu sering melakukan scrubbing agar kulit tidak terlalu kering. Lulur atau eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati akan menjaga wajah bebas jerawat dan muka terlihat bercahaya.

4. Masker wajah

Lakukan masker wajah setiap 2 – 3 kali seminggu. Masker wajah terbuat dari bahan – bahan yang sangat beragam di pasaran. Mulai dari masker bengkoang, masker green tea, masker aloe vera dan masih banyak lagi. Fungsinya, masker akan menjaga kelembapan kulit serta menjadikan wajah lebih mulus dan lembut.

5. Pelembap wajah

Yang tak kalah penting, gunakan pelembap wajah sebelum beraktivitas atau keluar rumah. Paparan sinar matahari atau perubahan suhu ekstrim bisa membuat kulit wajah jadi makin kering. Pilih jenis pelembap yang mengandung non minyak atau non comedogenik. Bila perlu, pelembap sudah dilengkapi SPF dan PPA untuk mengatasi paparan negatif sinar UV A dan UV B dari matahari.

6. Memecahkan jerawat

Masalah jerawat memang sangat lekat dengan remaja. Terutama saat sedang masa pubertas. Perubahan hormon dan makanan tertentu bisa membuat jerawat semakin meradang dan tangan tidak sabar untuk memencet atau memecahkannya. Memecahkan jerawat justru akan membuat luka baru dan merusak permukaan kulit. Selain itu, jika sudah mengering akan muncul flek atau noda hitam yang membekas.

7. Tabir surya

Sebagai perlindungan kulit dari sinar UV A dan UV B matahari, mengoleskan tabir surya seperti sun block atau sun screen sangat penting. Pilihlah tabir surya yang memiliki kadar SPF 30 ke atas. Paparan sinar matahari yang terlalu sering, terutama bagi remaja dengan segudang aktivitas di luar rumah bisa menyebabkan kulit kusam, muncul flek hitam, kerutan dan jerawat.
Berbekal tips perawatan kulit di atas, semoga kulit Anda selalu cantik dan awet muda

Last modified on Saturday, 27 October 2018 11:32

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama