Kamu Sulit Menurunkan Berat Badan? Ini Penyebabnya...!

By December 2, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Tubuh yang ideal merupakan idaman semua orang, khususnya kaum hawa. Berbagai cara dilakukan demi mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional. Namun berat badan yang berlebih menjadi halangan untuk mendapatkan bentuk badan ideal, tak hanya itu berat badan berlebih memang tidak baik untuk kesehatan dan dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti obesitas, jantung, dan kolesterol.

Menurut dr. Emilia Slamet, CIB, M.Gizi., ada dua faktor yang menyebabkan berat badan susah untuk turun, yaitu faktor yang bisa diubah dan tidak bisa diubah. Untuk yang tidak bisa diubah, ini dikarenakan beberapa faktor. Yang pertama ialah faktor genetik. Ada beberapa orang tua yang memiliki gen berat badan berlebih, sehingga gen tersebut akhirnya turun kepada anak-anaknya.

Sedangkan yang kedua, yaitu faktor usia. Semakin bertambahnya usia, tingkat metabolisme dalam tubuh akan semakin berkurang sekitar 2-8%. Hal ini terjadi karena hilangnya sebagian jaringan otot serta perubahan hormonal dan neurologis.

Terakhir ialah ras/etis. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Pittsburgh School of Medicine, wanita berkulit gelap memiliki kecepatan metabolism tubuh yang lebih lambat dan mengeluarkan lebih sedikit energi harian dibanding wanita ras lain.

Untuk faktor yang bisa diubah terdapat empat hal yang mempengaruhinya. Yang pertama ialah aktivitas fisik, jika kita tidak mau berolahraga, maka berat badan tidak akan turun.

"Jadikan olahraga itu prioritas. Don't find time to exercise but make time for exercise,"tegasnya.

Yang kedua, kebanyakan orang hanya terpaku kepada diet makanan. Sebenarnya yang perlu kita ketahui dalam hal diet, janganlah hanya membatasi asupan kalori saja, tetapi perhatikan pula pemilihan nutrisi yang tepat. Perlu diingat, kalori yang masuk harus seimbang dengan kalori yang keluar, selain itu tetap harus diimbangi pula dengan aktivitas fisik.

Faktor ketiga yaitu kelebihan atau kekurangan tidur. Hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan karena kondisi itu berhubungan dengan nafsu makan kita. Selain itu, kondisi mood pun ternyata berpengaruh, contohnya jika sedang stress, depresi, dan gelisah akan menyebabkan beberapa orang ingin mengonsumsi makanan yang manis. Sedangkan makanan manis itu dapat menambah berat badan kita.

Faktor terakhir ialah perubahan hormon. Hal ini sangat berhubungan dengan perempuan, sebab saat ia mengalami masa menstruasi, kehamilan, dan menopause penurunan berat badan akan sulit dilakukan.
Nah, jika sudah melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan, seperti olahraga dan diet, namun berat badan belum turun juga, maka harus mengubah kebiasaan buruk yang biasa dilakukan seperti ngemil di malam hari dan makan sambil berjalan.

Last modified on Sunday, 02 December 2018 11:26

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama