5 Cara Menjawab Ketika Banyak Yang Bertanya ‘Kapan nikah?’

By June 13, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - ‘Kapan nikah?’ merupakan pertanyaan yang rawan diajukan pada wanita atau pria berusia 20 tahun ke atas saat kumpul keluarga. Momen lebaran biasanya menjadi saat paling sering pertanyaan itu mulai muncul. Terkadang karena usia yang sudah mencukupi, kita jadi bingung harus menjawab apa dan akhirnya malah jadi kesal sendiri.

Berikut beberapa opsi jawaban yang bisa kalian berikan saat ditanya ‘kapan nikah?’

1.Senyum

Jawaban yang paling aman adalah, senyum. Keluarkan senyum termanismu saat ditanya ‘kapan nikah?’ dan biarkan dia yang menjawabnya sendiri. Selain ibadah, dengan senyum kita bisa mengeluarkan hormon dopamin yang memunculkan rasa bahagia. Ini merupakan salah satu cara yang elegan dan sopan.

2.Lanjut kuliah atau kerja

Jika kamu masih dalam usia kuliah jawab saja dengan ‘mau selesaikan kuliah dulu’. Nah bisanya kalau sudah lulus, pertanyaan itu muncul lagi, lagi-lagi jawab dengan ‘saya mau lanjut kuliah lagi’. Kalau saat usia kerja. Kamu bisa jawab dengan ‘nikah kan butuh uang, saya mau kerja dulu biar bisa nabung buat baiaya nikah’.

3.Habis lebaran

Masih bingung untuk menjawabnya, jawab saja ‘habis lebaran’ karena habis lebaran bisa berlaku kapan saja kan? Bisa bulan depan, tahun ini atau tahun-tahun berikutnya. Jika ditanya lebih spesifik lagi, sebutkan saja tanggal sesukamu anggap saja itu juga sebagian dari harapan dan doa pribadi.

(Baca Juga : 5 Tips Selalu Tampil Cantik di Depan Pasangan)

4.Cari sponsor

Ingin coba menjawab sekaligus melucu, kamu bisa jawab dengan ‘lagi cari sponsor nih’ karena pernikahan membutuhkan biaya yang tak sedikit. Mungkin ketika orang yang mendengar pertanyaan itu tertarik untuk membantumu dalam mempersiapkan pernikahan. Lumayan loh!

5.Meminta Do’a

Yang terakhir adalah ‘do’a in aja ya’. Ini juga merupakan jawaban yang sopan sekaligus baik untuk kita. Karena ketika ditanya ‘kapan nikah?’ berarti orang itu mempunyai harapan lebih kepada kita agar segera diketemukan dengan jodohnya. Nah alangkah baiknya kita meminta doa yang terbaik dari orang itu. Karena doa adalah kado dan hadiah terbaik dalam hidup.

Selanjutnya adalah pilihan, apakah dengan pertanyaan itu kamu akan terpancing emosi atau dengan pertanyaan itu kamu menjadi semakin termotivasi untuk berusaha jauh lebih keras lagi. Intinya, menikah itu adalah kewajiban bagi umat muslim dan merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah. Jangan sampai kamu menundanya jika memang sudah siap lahir batin. Tetapi jika belum siap, persiapkanlah secara baik dan matang.

Jika ada yang bertanya ‘Kapan nikah?’ lagi jangan sampai kebingungan dan terpancing emosi ya. Semoga Allah memudahkan kita dalam proses bertemu dengan jodoh dan Allah ampuni segala dosa kita. Aamiin.

Last modified on Wednesday, 13 June 2018 13:45

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama