Sebelum Menikah Komunikasikan 5 Hal Ini Bersama Pasangan

By August 4, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Menikah merupakan keputusan terbesar dalam hidup. Banyak orang yang ingin mewujudkan cita-citanya bersama orang yang dicinta dalam mahligai rumah tangga. Dalam proses mewujudkannya terkadang terdapat banyak kendala yang dihadapi, baik dari pasangan, diri sendiri maupun orang lain.

Beberapa hal yang menjadi akar masalah adalah beberapa topik sensitif yang belum sempat dibicarakan sebelumnya.

Oleh karena itu penting sekali untuk membicarakan topik sensitif sebelum pernikahan agar pernikahan berjalan dengan lancar. Topik apa saja yang harus dibicarakan? Simak yuk!

1.Sejalan dalam pemahaman agama

Memiliki agama yang sama dengan pasangan adalah salah satu fondasi dan persyaratan yang wajib dimiliki oleh wanita dan pria yang ingin menikah.

Namun ternyata agama yang sama saja nampaknya belum cukup, ketika menikah penting untuk mencari pasangan yang memiliki pemahaman agama yang sama.

Masalah ini bisa kamu dan pasangan bicarakan secara mendalam dan serius, menjadi poin penting agar kedepannya tidak menimbulkan konflik-konflik yang menuju perpecahan rumah tangga.

2.Finansial

Masalah finansial atau keuangan ini juga menjadi salah satu hal penting yang harus dibicarakan sebelum menikah.

Mungkin kamu bisa memulainya dengan membahas gaji bulanan yang diterima dari masing-masing kalian. Atau kalau hanya pria yang bekerja masalah ini bisa kamu tanyakan, sedikit sensitif memang.

Tapi penting karena ketika kamu mengetahui pemasukan yang akan diterima setiap bulannya kamu bisa mulai belajar merancang pengeluaran rumah tangga nantinya.

Jangan lupa untuk mendiskusikan tentang tujuan keuangan kalian berdua, jumlah uang yang akan disisihkan setiap bulannya, dan juga kesepakatan untuk uang bulanan orang tua.

3.Tujuan menikah

Sebelum menempuh jenjang pernikahan, penting sekali untuk menyamakan tujuan menikah kamu dan pasangan.

Karena tujuan adalah awal dari pencapaian goal dalam hubungan pernikahan. Utamakan tujuan pertama adalah untuk beribadaha kepada Allah, kemudian tujuan dan goal lainnya bisa kamu diskusikan bersama dan temukan kesamaan tujuan kalian.

Dengan begitu nantinya kamu akan saling mengingatkan tujuan bersama diawal ketika mulai terjadi konflik dan jikalau sampai sudah ingin menyerah.

4.Tempat tinggal

Bagi beberapa pasangan, topik ini menjadi pembahasan nomor kesekian diantara pembahasan pranikah yang lainnya. padahal ini aalaga salah satu penyebab munculnya konflik dalam rumah tangga.

Pastikan setelah menikah kamu sudah mengetahui akan tinggal dimana dengan pasangan. Apartemen, kontrakan, membeli rumah sendiri atau menumpang di rumah orang tua.

Kalau semua ini sudah jelas kamu bisa ambil langkah selanjutnya dan menentukan sikap harus seperti apa. Ditengah perbincangan ini pasti ada perdebatan kecil, tapi harus tetap dibicarakan ya.

5.Manajemen Konflik

Ketika menjalani hubungan, konflik pasti saja akan terjadi. Menjadi bumbu dalam kehidupan rumah tangga. Namun sebelum konflik itu menjadi besar penting sekali untuk kamu mencegahnya atau mengenali cara menyelesaikannya.

Perihal ini bisa kamu bahas bersama dengan calon pasanganmu. Caranya mungkin kamu bisa memberikan pertanyaan yang sekiranya mengandung masalah dan konflik, setelah itu cari tahu bagaimana dia menyelesaikannya.

Berikut lima hal yang harus kamu diskusikan dengan pasangan sebelum menikah. Mungkin ada beberapa orang yang menganggapnya sepela, tapi percayalah komunikasi adalah kunci terpenting dari sebuah keharmonisan hubungan rumah tangga. Semoga bermanfaat!

Last modified on Saturday, 04 August 2018 04:03

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama