Kegiatan menyenangkan saat liburan tiba untuk buah hati

By December 25, 2017 0
Illustrasi Illustrasi

Muslimahdaily - Ujian semester telah selesai bagi anak sekolah itu pertanda liburan telah tiba. Momen liburan selalu ditunggu bagi anak-anak karena bisa bermain tanpa memikirkan tugas-tugas sekolah. Namun terkadang orang tua bingung utuk mengisi liburan anak.

Menurut pakar parenting Ummu Balqis mengatakan untuk mengisi liburan yang baik harus mengandung hiburan, edukasi dan juga kelekatan antara orang tua dan anak.

“ Lalu jangan lupa input hal yang positif, seperti mengajarkan kebesaran atas kekuasaan Allah saat menikmati alam, memasukan informasi dan pe Jadi kalau liburanpun tidak sia-sia waktu maupu biaya” ungkapnya saat dihubungi muslimahdaily melalui whatsapp (21/12)

Adapun kegiatan yang bisa dilakukan bersama sang buah hati saat liburan tanpa harus mengurasi biaya orang tua :

1. Masak bersama

Mungkin selama ini saat hari sekolah, anak hanya tau apa yang ia makan tanpa tau bagaimana proses dari apa yang dimakan. Saat liburan masak bersama bisa dijadikan list untuk mengisi liburan. Memasak yang sederhana seperti membuat pudding atau kue akan membuat anak senang, bukan hanya itu memasak bisa mengajarkan anak bahwa dalam mencapai hasil dibutuhkan proses, dan membuat anaka belajar menghargai makanan.

2. Berkebun

Kegiatan yang tak kalah menyenangkan saat liburan ialah ajak anak untuk berkebun, seperti menyiram tanaman, menanam tanaman, bermain air, dan memberi pupuk. Kegiatan berkebun membuat liburan anak tak jenuh dan tampak mengasyikan. Selai itu mengajarkan anak untuk sayang tanaman.

3. Pergi ke Kebun Binatang atau tempat hewan

Anak-anak akan bahagia jika melihat hewan, terlebih jika hewan tersebut kesukaan, pergi ke kebun binatang bisa menjadi altenatif selain bisa bertemu degan hewan, member makan orang tua juga bisa mengajarkan macam-macam hewan, habitatnya dan megajarkan bahwa hewan merupakan ciptaan Allah.

4. Pergi camping, ke pantai dan ke gunung.

Pergi camping seperti ke hutan, patai dan gunung bisa menjadi sebuah alternatif liburan untuk buah hati, karena bukan hanya anak bisa bermain di alam bebas, pergi ke tempat alam juga mengajarkan kebesaran Allah dan bisa memberikan informasi tentang alam ke anak dengan bahasa sederhana.

 

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama