5 Aktivitas Menyenangkan Untuk Anak Saat Puasa

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Muslimahdaily )

Muslimahdaily - Ramadhan telah tiba, mungkin ada dari beberapa ibu yang sedang mengajarkan anaknya untuk berpuasa. Jika bulan puasa ini bertepatan dengan libur sekolah, tentunya anak akan menghabiskan banyak waktunya di rumah. Menunggu waktu berbuka puasa selama 14 Jam adalah waktu menunggu yang lama dan mungkin akan terasa membosankan bagi anak-anak.

Agar anak tak mudah merasa bosan, berikut 5 aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan anak dengan bunda, simak yuk!

1.Mengaji Bersama

Bunda bisa daftarkan si kecil dalam kegiatan mengaji bersama di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Atau jika bunda punya banyak waktu luang bunda bisa mengajak si kecil mengaji bersama di rumah, menyimak bacaannya dan sesekali mengajaknya untuk menghafal surat-surat pendek dalam Al-Qur’an. Hal ini bisa membangun kedektana anatara bunda dan si kecil, sekaligus bunda akan tahu sejauh mana si kecil mengenal bacaan hijaiah.

2.Menonton Film yang Bermakna

Kegiatan menonton film bisa dilakukan di sela waktu puasa. Bunda bisa cari film-film yang mempunyai banyak nilai yang bisa diterapkan pada anak. Akan lebih baik jika bunda bisa mendampingi si kecil saat menonton film, karena bunda bisa banyak kasih edukasi dan pembelajaran. Agar anak lebih senang dan seru, bunda juga bisa ajak teman main si anak ke rumah untuk nonton bersama.

3.Membaca Kisah Nabi dan Rasul

Kisah nabi dan rasul memiliki banyak nilai-nilai yang dapat ditanamkan dalm diri anak. Bulan puasa ini kesempatan bagi bunda untuk menceritakan dan membacakan kisah nabi dan rasul bagi si kecil. Kegiatan ini bisa bunda lakukan mendekati waktu berbuka puasa atau menjelang tidur siang. Jangan lupa untuk memberikan nasihat-nasihat sederhan pada si kecil.

4.Bermain Permainan Edukasi

Saat anak merasa bosan, bunda bisa ajak si kecil bermain berbagai permainan edukasi. Semisal puzzle, bongkar pasang, balok-balok dan permainan edukasi lainnya. Permainan ini bisa mengisi waktu luang anak saat menunggu waktu buka puasa. Ketika si kecil sudah asyik dengan permainannya maka dia akan lupa dengan lapar dan hausnya.

5.Menyiapkan Hidangan Berbuka Bersama

Sebelum waktu berbuka, bunda pasti sibuk untuk menyiapkan hidangan di dapur. Untuk kali ini jangan ragu libatkan si kecil ya bunda. Ajak dia membantu menyiapkan hidangan berbuka puasa, ini akan membuat dia menjadi lebih semangat menunggu waktu berbuka puasa. Jangan lupa awasi anak dari benda-benda tajam ya bunda.

Leave a Comment