Persiapkan Hal Ini Agar Anak Tak Rewel Saat Silaturahmi Lebaran

By June 12, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Lebaran identik dengan moment silaturahmi, bagi bunda yang sedang memiliki batita dan balita tentu akan turut serta membawa si kecil bersliaturahmi. Namun ada satu hal yang dikhawatirkan oleh beberapa orangtua saat megajak anak silaturahmi, yaitu ketakutan akan anaknya rewel. Hal ini bisa terjadi baik di perjalanan ataupun saat di rumah kerabat.

Ketakutan itu sebenarnya tidak akan terjadi apabila bunda dan ayah sudah mempersiapkan dengan baik segala kemungkinan yang akan terjadi dan juga mengetahui penyebab serta solusinya. Untuk itu berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan agar anak tak rewel saat silaturahmi lebaran dilansir dari laman motherandbaby.co.id, simak yuk!

1.Menyesuaikan Jadwal si Kecil

Sebelum melakukan perjalanan silaturahmi, ada baiknya bunda menyesuaikan dengan jadwal si kecil. Baik jadwal makan, tidur dan bermainnya. Pastikan ayah dan bunda melakukan silaturahmi di luar jadwal si kecil, agar ia tidak rewel.

Bila memang tidak memungkinkan, biarkan si kecil tidur dalam perjalanan dan memberikan makan sebelum berangkat. Dengan begitu ayah dan bunda bisa tenang dalam bersilaturahmi anak pun jadi riang.

2.Mempersiapkan Perlengkapan si Kecil

Salah satu penyebab anak rewel adalah perasaan bosan. Karena terkadang kita tak tahu persis berapa lama waktu yang dihabiskan untuk berkunjung atau situasi dan kondisi rumah kerabat yang akan dikunjungi. Untuk itu bunda bisa mengantisipasinya dengan cara memberikan si kecil camilan, mainan, buku cerita atau hal lainnya yang membuat ia teralihkan.

3.Perhatikan Jarak Tempuh

Keterbatasan ruang untuk bergerak karena harus terus berada dalam gendongan pada perjalanan seringkali memicu munculnya kerewelan si kecil. Agar si kecil tidak terlalu lelah, sebaiknya pilih rumah kerabat yang tidak terlalu jauh.

Sampaikan kondisi si kecil pada kerabat, kemudian jika si kecil punya karakter yang kurang bisa beradaptasi bunda bisa sedikit memberi perhatian pada kerabat untuk membiarkan si kecil beradaptasi dengan lingkungannya.

Jika menghabiskan banyak waktu di perjalanan, ayah dan bunda bisa menyiapkan cemilan dan mainan agar si kecil tidak merasa bosan dalam perjalanan.

Tiga tips di atas berlaku bagi bunda yang memiliki anak yang masih bayi. Untuk bunda yang memiliki balita, si kecil bisa diberika informasi terlebih dahulu rumah siapa yang akan dikunjungi, berapa lama kita akan disana dan jangan lupa untuk ajari anak sopan santun saat bertamu.

Karena masalah yang seringkali dialami oleh bunda yang memiliki anak batita adalah kerewelan atau sikap keingintahunanya tentang lingkungan baru. Terkadang ini menjadi masalah apabila sudah mengganggu. Sekian, semoga tips diatas bisa membantu, selamat bersilaturahmi.

Last modified on Tuesday, 12 June 2018 16:34

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama