3 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Menuju MPASI

By August 8, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Usia enam bulan pertama, merupakan salah satu momen dimana ibu seharusnya memberikan ASI penuh kepada buah hati. Setelah enam bulan pertama ibu harus bersiap-siap memasuki babak baru dalam dunia pengasuhan, yaitu memberikan MPASI atau Makanan Pendamping ASI.

Namun, sebelum memulai fase ini, ada baiknya calon ibu mempersiapkan dengan baik agar nantinya pemberian MPASI berjalan lancar sesuai dengan kebutuhan anak. Lalu hal apa yang perlu dipersiapkan menuju MPASI?

Berikut beberapa persiapan MPASI dari seorang praktisi Anak Usia Dini, penulis buku “Parenting Sharing” dan founder dari @kidaf.id Aninda Utet.

Aninda Utet atau sering disapa Ibu Ninda oleh Followersnya kali ini mencoba untuk membandingkan antara MPASI pada masa anak pertama dan sekarang anak keduanya. Pada MPASI sebelumnya, ia menerapkan 4 day rules, yaitu memberikan makanan yang sama selama 4 hari berturut-turut yang gunanya adalah untuk melihat alergi anak. Terdapat juga berbagai macam pantangan dan makanan yang baru boleh dimakan setelah usia 7/8 bulan.

Namun pada MPASI sekarang anak diberikan makanan yang berbeda setiap harinya, informasi berdasarkan WHO dikutip dari tulisan ibu Ninda, ketika memasuki masa MPASI anak harus diberikan menu tunggal selama 14 hari pertama. Menu tunggal itu berbeda-beda setiap harinya baik pagi maupun siang.

Orangtua harus terus membeli makanan yang berbeda setiap harinya karena tidak boleh ada pengulangan menu. Setelah 14 hari baru anak diberi makanan dengan menu mpasi 4 bintang (karbohidrat, protein nabati, protein hewani dan sayur (ada juga yang menambahkan lemak tambahan).

Dua pola MPASI diatas bisa bunda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Namun ada sedikit saran dari Dokter Spesialis Anak dikutip dari tulisan ibu Ninda. Anak sudah boleh diberikan menu 3 atau 4 bintang dari hari pertama, asalkan kekentalan dan tekstur makanannya dibuat konsisten dan sehalus mungkin. Jika ragu boleh saja menerapkan 4 days rules, tapi jika khawatir anak bosan karena makanan yang diulang bunda bisa mempersingkat waktunya menjadi dua hari saja.

Yang penting diingat adalah “MPASI Should Be Fun” jangan sampai bunda ribet sendiri yang berujung pada malas membuat dan memberikan MPASI di hari berikutnya. Nikmati setiap proses dan buat pengalaman baru ini menjadi menyenangkankan.

Tips Mempersiapkan MPASI ala Ibu Ninda

1.Persiapkan Diri dengan Ilmu MPASI

Fase MPASI adalah fase terbaru yang akan dilewati oleh si kecil maupun bunda. Ketika melewati fase baru tentunya akan lebih mantap apabila kita telah memperlajari ilmunya terlebih dahulu. Saat ini informasi dan ilmu mudah sekali untuk diakses kapanpun dan dimanapun. Bunda bisa mencarinya di internet, bertanya pada orang yang lebih berpengalaman seperti praktisi MPASI, dokter spesialis anak ataupun mungkin ibu sendiri. mengikuti seminar MPASI juga bisa menjadi salah satu cara mengumpulkan bekal ilmu MPASI.

2.Hilangkan Persepsi ‘Ribet’

Setelah banyak belajar dan mendapatkan informasi tentang MPASI, sebagian bunda akan berpikir “Kok ribet banget sih MPASI”, nah pikiran ini yang harus dihilangkan oleh bunda. Sebenarnya MPASI tidaklah sesulit itu, semua tergantung keinginan kita memilih cara dan pola yang mana. Semuanya akan jadi mudah apabila dilakukan dengan senang hati. Tapi satu yang perlu diingat adalah anak merupakan tanggung jawab bunda sebagai orangtua. Jadi lakukan yang terbaik ya untuk si buah hati.

3. Persiapan Perlengkapan MPASI

Seperti yang bunda ketahui, MPASI ini pasti memerlukan perlengkapan untuk mempermudah bunda dan buah hati. Oleh karena itu bunda dapat mulai mencari tahu mengenai perlengkapan MPASI dari jauh hari agar menemukan yang pas di hati dan dompet.

Bunda juga dapat membaca review dari orang lain untuk membandingkan. Jangan termakan gengsi ya bunda, semua perlengkapan memiliki fungsi yang sama kok. Untuk mempermudah, bunda juga dapat membuat list apa saja yang perlu dibeli agar nantinya tidak mubadzir.

Selamat menjalankan pengalaman baru dalam dunia pengasuhan Bunda, tetap semangat dan bahagia ya. Semoga bermanfaat!

Last modified on Wednesday, 08 August 2018 07:01

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama