4 Tips Me Time Sederhana yang Dapat Bunda Lakukan di Rumah

By October 25, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Ibu merupakan salah satu peran yang sangat penting dalam kehidupan keluarga. Karena di samping mengurusi dirinya sendiri ibu dituntut untuk dapat mengurus suami, anak dan juga pekerjaan rumah dalam satu waktu setiap harinya.

Tak dapat dipungkiri terkadang hal ini yang membuat ibu kekurangan waktu untuk Me Time. Padahal waktu untuk memanjakan diri sangat penting bagi seorang Ibu.

Dikutip dari laman Republika, Psikolog Rosdiana Setyaningrum, Mpsi dari klinik The Heart Springs mengatakan bahwa jika ibu gagal memiliki waktu sendiri akan menyebabkan tiga macam gangguan. Yakni gangguan mental yang dapat menimbulkan stres, depresi dan gelisah. Kemudian gangguan fisik yang dapat menyebabkan sakit kepala hingga maag dan gangguan pengasuhan anak.

Pentingnya membahagiakan diri sendiri sebagai ibu sebenarnya akan berdampak juga terhadap kebahagiaan keluarga. Menurut Rosdiana, jika seseorang ingin membahagiakan orang lain, maka dia harus dapat membahagiakan dirinya terlebih dahulu.

Pada kenyataannya hanya orang yang dapat merawat dirinya sendiri yang sebenarnya mampu merawat orang lain. Karena dibutuhkan pribadi yang bahagia dan dapat menghargai diri sendiri untuk membahagiakan orang lain.

Seperti dikatakan oleh Kathleen Kendall-Tackett, Ph.D seorang psikolog kesehatan dan penulis The Hidden Feelings of Motherhood dikutip dari laman Parenting bahwa Ibu harus memiliki setidaknya 15 hingga 20 menit untuk Me Time setiap harinya, terutama pada waktu siang dan malam. Kemudian sekitar seminggu sekali, ibu juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pergi keluar dan melakukan sesuatu untuk memanjakan diri sendiri.

Jika bunda tak memiliki waktu untuk keluar rumah, sebenarnya Me Time dapat dilakukan dengan hal-hal sederhana, berikut beberapa pilihan kegiatan bersantai untuk ibu dirumah :

1.Showering

Bagi bunda yang memiliki bayi kecil, saat mandi pasti ada perasaan khawatir dan jadi terburu-bur. Khawatir si kecil mengerek dan minta menyusu atau kedekatan dengan kita.

Nah kali ini bunda dapat mencoba untuk membuat si kecil kenyang dan terlelap, sekiranya sudah ada waktu yang lebih lama lakukanlah mini spa di rumah. Seperti mandi dengan air hangat, scrub badan dan creambath di rumah. Kegiatan ini mungkin akan membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit dan membuat bunda menjadi relaks sejenak.

2.Menonton Film

Saat si kecil sudah tidur dan mungkin bunda merasa ingin santai sejenak, menonton televisi mungkin dapat menjadi salah satu pilihan. carilah film yang bunda sukai dan setidaknya dapat membuat bahagia dan membuat pikiran rileks sejenak.

3.Mencoba Menu Masakan Baru

Jika bunda senang memasak, menu baru mungkin menjadi satu hal yang dapat menaikkan mood ya. Di sela-sela waktu mengasuh dan merapihkan rumah, bunda mungkin dapat mencoba menu masakan baru, agar lebih semangat bunda dapat menanyakan pada ayah mengenai makanan kesukaanya.

4.Mengajak Teman Ke Rumah

Jika bunda merasa bosan di rumah dan tak ada kesempatan untuk pergi keluar, bunda dapat mengajak teman ke rumah untuk sekedar minum teh, makan siang sambil berbincang-bincang ringan. Hal ini akan membuat pikiran menjadi tenang, rasa kesepian berkurang dan tentunya membuat bunda bahagia.

Hal yang perlu diingat, bunda hanyalah seorang manusia yang pasti akan merasakan lelah juga. Jadi, beristirahatlah jika badan sudah merasa lelah. Karena sesungguhnya pekerjaan rumah tidak akan ada habisnya.

Jika ada waktu luang sedikit, pakailah dengan sebaik mungkin. Layaknya handphone, manusia juga perlu untuk diisi ulang kembali agar tetap semangat dan bahagia, maka semua pekerjaan akan diselesaikan dengan hati bahagia dan bunda dapat menyebarkan energi positif pada pasangan dan juga anak.

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama