Jalan - jalan Murah Meriah ke Jogja

By September 8, 2017 0
Alun - alun kidul, Yogyakarta. Alun - alun kidul, Yogyakarta. ( Foto : Ghuffar/Muslimahdaily.com )

Muslimahdaily - Yogyakarta atau yang akrab disebut dengan Jogja merupakan kota yang selalu bikin kangen siapa pun yang pernah ke sana. Pasalnya, kota gudeg ini selalu menawarkan sesuatu yang baru bagi para pelancong.

Kota yang dahulu dijuluki sebagai kota pelajar itu pun terkenal sebagai salah satu kota dengan biaya jalan-jalan yang murah. Cocok untuk para pelajar yang masih berbujet tipis. Kamu sudah pernah ke Jogja? Berikut ini beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang jalan-jalan ke Jogja dengan waktu kunjungan singkat plus bujet yang pas di kantong pelajar dan mahasiswa.

1. Transportasi

Jika dari Jakarta, ke Jogja bisa ditempuh murah dengan kereta api selama 8 jam. Saat ini, kereta ekonomi termurah adalah Rp74 ribu. Kereta sudah nyaman dengan AC dan kamar mandi serta pelayanan yang baik. Kamu bisa memilih kereta malam atau siang. Jika ingin menghemat, tidur di kereta sepanjang malam bisa jadi pilihan. Kamu jadi bisa pangkas biaya inap satu malam, kan?

2. Penginapan

Jogja punya banyak tempat murah untuk menginap. Jangan salah, kamu sebaiknya cari situs-situs terpercaya untuk bisa tidur dengan Rp50 ribuan saja semalamnya. Situs yogyes.com atau market place lain seperti pegipegi, traveloka, dan sebagainya adalah beberapa yang bisa jadi rujukan kamu. Dengan harga segitu, biasanya kamu bisa tidur di penginapan dengan model dormitory atau kos-kosan yang kamar mandinya berbagi dengan penghuni lain.

3. Angkutan di Jogja

Mau murah, ada trans Jogja yang mirip dengan sistem bus TransJakarta. Kamu bisa mengunjungi sejumlah situs populer di dalam kota ini dengan biaya supermurah. Ingin lebih puas? Sewa motor saat ini berkisar Rp80 ribu per 24 jam. Jika datang ramai-ramai, ada mobil yang bisa mengantarkan kalian ke berbagai pelosok Jogja dengan harga variatif, mulai dari Rp350 ribuan per mobil.

4. Makan

Hindari makan di kawasan Malioboro jika ingin hemat. Sebab, kawasan itu sudah jadi kawasan pariwisata yang mahal. Ada angkringan jika ingin superhemat. Mau yang keren, murah, tapi banyak? Coba ke House of Raminten yang letaknya tak jauh dari Tugu Jogja. Makan di sana dijamin puas dan murah. Tapi, sabar ya. Antreannya bisa masuk daftar tunggu terutama malam hari dan akhir pekan.

5. Oleh-oleh

Malioboro memang terkenal sebagai pusat belanja di Jogja. Tapi, jika kalian mengunjungi Borobudur, lebih baik belanja di sana. Harganya lumayan lebih murah dibanding Malioboro, lho. Jika terpaksa harus ke Malioboro, jangan ragu tawar setengah harga. Ingat, dengan senyum manis dan rayuan yang sopan. Semoga berhasil!

Last modified on Friday, 08 September 2017 00:44
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
© 2017 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama