Tren Tur Jalan Kaki ke Area Muslim di Budapest

By December 7, 2017
Jembatan rantai Széchenyi Jembatan rantai Széchenyi

Muslimahdaily - Di tengah kebijakan anti imigran Muslim yang terjadi di Eropa, masyarakat Budapest, Hungaria, saat ini memiliki kegiatan unik untuk mengatasi rasa takut atas kebijakan pemerintah tersebut. Wisata jalan kaki mengunjungi situs-situs, mempelajari budaya komunitas Muslim Budapest dan masjidnya saat ini justru menjadi tren tersendiri.

Penyelenggara tur di Budapest Setamuhely (Budapest Walkshop) sudah membawa pengunjung ke 30 jalan yang berbeda untuk mengelilingi situs komunitas dan budaya Yahudi dan Muslim di sana.

Menurut Anna Lenard selaku pengelola Budapest Walkshop, wisata Muslim ini merupakan kegiatan yang paling populer sekarang. Ia mengatakan awalnya sangat sedikit orang yang tertarik mengikuti kegiatan ini ketika pertama kali didirikan tiga tahun silam.

“Kebanyakan masyarakat belum pernah bertemu dengan Muslim sebelumnya. Mereka lebih banyak mendengar (kabar buruk) dari media setiap hari yang menyebabkan ketegangan dan tekanan dalam kehidupan sehari-hari. Saya pikir inilah alasan utama, kenapa orang-orang datang saat ini,” ujar Anna dilansir dari Reuters.

“Sebagian besar orang yang berjalan selama empat jam memiliki gelar sarjana, dan dua pertiga di antaranya adalah wanita,” lanjutnya.

Setamuhely menyatakan saat ini sekitar 80 orang melakukan wisata Muslim ini setiap bulannya. Setiap perjalanan dibagi berkelompok, sekitar 30 orang perkelompoknya. Perjalanan pertama dimulai dari mengunjungi sebuah masjid kecil yang tersembunyi di sebuah apartemen tua di mana umat Islam datang untuk berdoa saat kunjungan tersebut.

Marianna Karman, seorang mualaf dari Afrika yang merupakan pemimpin wisata ini mengatakan, “Ini adalah cara terbaik untuk menghilangkan ketakutan Anda terhadap apa yang anda takuti selama ini. Orang-orang memilih untuk melakukan perjalanan ini karena mereka ingin membicarakan masalah ini, mereka ingin melawan ketakutan mereka sendiri.”

Salah satu peserta tur bernama Nauszika, yang juga seorang psikolog mengatakan, “Saya sangat tertarik dengan keragaman budaya dan agama yang hidup di antara kita.”

Hal lain yang menarik dalam wisata ini, peserta juga diajak untuk mengunjungi toko-toko yang menjajakan makanan halal dan masjid terbesar di Budapest, yang terletak di bekas gedung perkantoran.

Last modified on Wednesday, 13 December 2017 23:54
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
© 2017 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama