Warga DKI, inilah 7 Tempat Nonton Bareng Gerhana Bulan Total

By January 31, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Hari ini tepatnya 31 Januari 2018, akan ada fenomena langka dan penting dimana bulan menunjukan tiga fenomena sekaligus yaitu supermoon, blue moon, dan gerhana bulan. NASA sendiri menyebutkan fenomena ini dengan fenomena super Blue blood moon.

Walapun fenomena ini disebut dengan super blue blood moon bukan berarti fenomena bulan ini berwarna biru, melainkan menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, fenomena langka yang dapat diamati di Indonesia tersebut muncul karena Matahari, Bumi, dan Bulan berada dalam satu garis. Saat itu, Bulan berada pada jarak terdekat dengan Bumi.

Bagi kamu warga Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta akan menyediakan tempat untuk nonton bersama yang ingin melihat secara langsung fenomena Gerhana Bulan Total. Dikutip akun instagram @DKIJakarta berikut tempat-tempat yang disediakan :

1. Plaza Teather Jakarta, Taman Ismail Marzuki. (Museum Planetarium)

Untuk masuk menyaksikan nonton bersama di Museum Planetarium tidak dipungut biaya. Hanya saja diwajibkan mendaftar terlebih dahulu. Caranya dengan mengisi formulir pendaftaran pada link berikut https://bit.ly/TLE-31JAN2018.

Pendaftaran tersebut berguna bagi ketersediaan tempat peneropongan sehingga pengunjung yang sudah mendaftar akan diutamakan. Untuk menyaksikan fenomena ini kamu bisa datang lebih awal sekitar pukul 18.00 WIB.

2. Monumen Nasional (MONAS)

Selanjutnya Monas juga dijadikan nonton bersama. Di mana kamu bisa datang menyaksikan mulai pukul 17.00 WIB hingga 23.00 WIB. Monas sendiri tak memungut biaya namun untuk naik ke tugu harus bayar.

3. Setu babakan

Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (UPK PBB) Setu Babakan akan menggelar nonton bareng (nobar) fenomena alam gerhana bulan total. Acara nobar gerhana bulan total rencananya digelar di Zona A UPK PBB Setu Babakan, tepatnya di area Amphitheatre.

Kegiatan yang akan dimulai pukul 17.00-23.00 ini ditargetkan bisa dihadiri 500 orang dan acara ini gratis.

Kami gelar nobar di UPK PBB Setu Babakan dengan diawali Salat Gerhana bersama-sama," ujar Kepala UPK PBB Setu Babakan, Rofiqoh Mustafa dikutip laman resmi PEMROV DKI Jakarta beritajakarta.co.id

4. Museum Fatahilah

Museum Fatahillah atau yang dikenal dengan Kota Tua juga akan membuka nonton bareng gerhana bulan secara gratis atau tidak dipungut biaya. Diperkirakan Wakil Gubernur, Sandiaga Uno akan ikut menyaksikan bersama.

6. Anjungan DKI Jakarta

Karena lokasinya berada di dalam kawasan TMII, berbeda dibeberapa titik tempat wisata lainnya, di anjungan DKI Jakarta pengunjung harus membeli tiket masuk terlebih dahulu dan bisa datang mulai pukul 17.00 WIB hingga 23.00 WIB.

7. Taman Impian Jaya Ancol

Bagi kamu yang berada diwilayah Jakarta Utara, alternatif untuk nonton bareng gerhana bulan di Ancol. Namun untuk menyaksikan kamu harus perlu membayar loket di pintu masuk kemudian kamu bisa langsung datang ke area Dermaga Hati (Le Bridge) di Pantai Timur Ancol mulai pukul 18.00 WIB.

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama