Komunitas SiJum, Berbagi Nasi Bungkus Gratis Tiap Jum'at

Komunitas SiJum Komunitas SiJum

Muslimahdaily - Bicara tentang berbagi bukan hanya tentang bagaimana kita bisa memberikan uang kepada orang yang kurang mampu atau yang sedang membutuhkan. Berbagi bisa bermakna luas, salah satunya berbagi makanan kepada orang yang memang membutuhkan. Dalam hal berbagi, komunitas yang satu ini rutin melaksanakannya tiap minggu. 

Adalah SiJum merupakan singkatan Si Jumat, gerakan ini lebih memfokuskan berbagi nasi di hari Jumat. Adapun tujuan gerakan ini bersedekah makan siang ke jamaah setelah melaksanakan shalat Jumat. Si Jum sendiri diinisiatorkan oleh Andre Raditya yang merupakan seorang penulis, trainer, dan juga insiator kebaikan.

Ketika ditanya mengapa dikhususkan bagi jamaah sholat jumat, Andre Raditya menjawab itu ia lakukan agar mendapat balasan berlipat ganda dari Allah.

“Kami ingin bersedekah di waktu yg tepat (Jumat), kepada orang yan tepat (habis ibadah), di tempat yg tepat (Masjid), agar balasan Allah berlipat,” ungkapnya saat diwawancarai Muslimahdaily.com.

Andre juga bercerita awal ia memulai komunitas Si Jum ini. Kala itu, ia merasa sedang kesulitan keuangan. Namun dengan tekadnya yang bulat untuk berbagi ia menyiapkan nasi dan lauk pauknya sendiri kemudian ia berikannya langsung ke para jamaah setelah shalat Jumat.

“Dapat 40 bungkus. Saya taruh di masjid saya tulisin. ‘Gratis untuk jamaah shalat jumat’. Kenapa saya nekat. Ini bukan nekat, tapi yakin sama janji Allah. Saya yakin kalau Allah akan membalas berlipat sedekah saya,“ curhatnya.

Ia merasa ketika seseorang merasa sempit, dengan bersedekah, maka akan menjadi lapang. Tak perlu menunggu menjadi kaya untuk bersedekah. Mind set inilah yang harusnya dirubah orang banyak.

“Justru disaat sempit saya bersedekah agar lapang, Si Jum justru berawal dari kondisi sempit bukan saat lapang. Jadi sebenarnya jika ingin berbagi nasi Jumat nunggu lapang. Mind set nya dulu yang harus diperbaiki jangan karena punya baru berbagi. Jangan karena masih punya uang baru beramal. Justru amal kita yang akan memudahkan rezeki,” lanjutnya.

Walaupun usia Si Jum masih tergolong baru, namun sudah tersebar di hampir seluruh Indonesia, yaitu 50 kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Jambi dan lainnya.

Selain berbagi nasi setiap Jumat, SiJum juga memiliki kegiatan sosial lainnya yang mengajak umat muslim untuk turun ke lapangan dan berdonasi ke saudara muslim. 

Aksi 212 lalu menjadi saksi betapa gerakan SiJum gigih membantu umat dengan membagi nasi dan membersihkan sampah-sampah . Saat ini , SiJum masih aktif menggalang donasi ke Somalia dengan hasil donasi hingga sekarang sebesar  Rp. 35.625.000

Untuk info mengenai Jum bisa dilihat di fanspage www.facebook.com/BerbagiNasiJumat

 “Jangan punya dahulu, baru berbagi, tetapi berbagilah maka kita akan punya”

-Komunitas SiJum

Last modified on Rabu, 19 April 2017 06:31

Leave a Comment