Komunitas Tebar 1000 Lusin Kaos Kaki Membawa Pesan Menutup Aurat

By April 4, 2018 0
Komunitas Tebar 1000 Lusin Kaos Kaki Komunitas Tebar 1000 Lusin Kaos Kaki ( Foto : Istimewa )

Muslimahdaily - Dimulai dengan kesadarannya bahwa menutup aurat adalah kewajiban bagi setiap muslimah, hal inilah yang mendasari Meryana Cevestin atau yang akrab disapa Kak Mery dan teman-temannya untuk mendirikan komunitas #TebarSeribuLusinKaosKaki. Keutamaan menutup aurat bagi wanita tertuang dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 59 yang artinya,

“Wahai Nabi! Katakanlah keoada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbab-nya keseluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

Bagi seorang muslimah aurat yang boleh ditampakkan di hadapan umum hanyalah wajah dan telapak tangan, dimana kaki menjadi bagian aurat wanita yang harus ditutup. Namun, masih banyak muslimah yang belum sadar bahwa kaki juga termasuk kedalam aurat yang harus ditutup. Diriwiyatakan dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha, ketika Asma bertanya masalah aurat wanita yang diperbolehkan ditampakkan didepan umum, Aisyah menunjuk pada wajah dan telapak tangannya.

Tujuan dari didirikannya komunitas Tebar Seribu Lusin Kaos Kaki karena kepedulian Kak Mery terhadap masyarakat, terutama muslimah yang belum paham bahwa kaki merupakan bagian dari aurat. Selain itu, sembari menebar kaoskaki, maka akan menimbulkan rasa kepedulian, simpati, ukhuwah Islamiyah, dan kasih saying antara antara sesama muslim.

Kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini tidak hanya membagi-bagikan kaos kaki secara gratis bagi muslimah, namun juga mengampanyekan tentang pentingnya penggunaan kaoskaki di setiap aktivitas. Mereka juga melakukan silaturahmi ke pesantren, LDK Kampus, SMA, dan TPA, serta melakukan kegiatan Seminar. Selain berdakwah di kalangan muslimah, komunitas ini juga aktif dalam kegiatan sosial di panti asuhan, seperti Gerakan Berbagi dan Mencintai Anak Yatim serta Memakmurkan Hidup Para Janda dengan melakukan santunan berupa beras, uang, dan bagi-bagi Al-Quran.

Harapan kedepannya dari Kak Mery dan teman-teman komunitas Tebar Seribu Lusin Kaos Kaki adalah agar seluruh muslimah di Indonesia lebih paham penggunaan kaoskaki untuk menutup aurat. Mereka juga berharap, komunitas yang didirikan bersama ini dapat berkembang ke seluruh Indonesia.

Komunitas yang baru diluncurkan pada 17 Juli 2017 lalu ini berbasisi di Provinsi Bandar Lampung dan akan segera menyusul di Daerah Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Saat ini anggota aktif dari komunitas Tebar Seribu Lusin Kaos Kaki berjumlah 89 orang serta volunteer aktif sebanyak 15 orang.

Jika sahabat Muslimahdaily.com tertarik untuk gabung di komunitas Tebar Seribu Lusin Kaos Kaki maka dapat menghubungi langsung ke Kak Mery di WA 0856-6963-2583 atau 0813-6772-8589, dan melalui sosial media Instagram di @tebar1000lusinkaoskaki.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama