Komunitas Syiar Hijrah Ajak Muslimah Istiqamah Bersama

By June 7, 2018 0
Komunitas Syiar Hijrah bersama Umi Pipik Komunitas Syiar Hijrah bersama Umi Pipik (Foto : Syiarhijrah/Instagram)

Muslimahdaily - Belajar dari pengalaman pahit yang sempat dialami, Wawa dan Fia akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah komunitas yang dapat menjadi wadah bagi muslimah Indonesia untuk saling berbagi. Tak hanya sekedar berbagi pengalaman dan nasihat, namun wadah ini juga menjadi tempat mempertebal ketaqwaan dan menjaga istiqomah dalam menjalankan kegiatan positif sesuai dengan hukum Islam.

"Setelah melalui pengalaman pahit, tekad kami berdua sudah bulat untuk terus berdakwah dalam mensyiarkan agama Islam. Untuk itu kami membuat kajian online via Whatssapp," tutur Dwi Diana Wazaumi atau yang akrab disapa Wawa, Co-Founder Syiar Hijrah kepada Muslimahdaily.com

Tak disangka, peserta yang ikut pada saat kajian pertama melebihi ekspetasi. “Dengan ijin Allah peserta yang ikut lebih dari 100 orang dan semuanya antusias,” lanjutnya.

Kajian online tersebut berlanjut hingga akhirnya terbentuklah Komunitas Syiar Hijrah pada 23 April 2017. Komunitas ini rutin menngadakan Kajian Muslimah (Kamus), Cerita Muslimah (Cermus), dan sedekah Jumat. Tidak hanya berfokus pada kajian saja, para member dari Komunitas Syiar Hijrah juga mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan softskill seperti public speaking, menulis, dan tahsin.

"Pada waktu tertentu, kami juga mengadakan kegiatan bakti sosial dan santunan kepada yang tidak mampu. Karena kami juga ingin agar melalui komunitas Syiar Hijrah ini dapat meningkatkan ukhuwah islamiyah dan mengeratkan tali silaturrahmi,” aku Wawa.

(Baca Juga : Niqab Squad, Ubah Pandangan Negatif Pengguna Cadar)

Kegigihan para anggota tak cuma sekedar saling menguatkan, namun juga bahu membahu membangun sebuah bisnis. Komunitas ini bahkan berhasil mendirikan dan menjalankan bisnis rumah makan hingga sekarang. “Kami juga memiliki Restoran Dapoer Hijrah di daerah Depok,” tambah Wawa.

Saat ini anggota dari Komunitas Syiar Hijrah sudah mencapai 555 anggota yang berdomisili di Jabodetabek, Sekitar Pulau Jawa, dan Luar Pulau Jawa. Terdiri dari berbagai latar belakang, komunitas Syiar HIjrah tak menutup kesempatan bagi muslimah mana pun untuk ikut bergabung.

“Komunitas kami terbuka bagi seluruh golongan muslimah, tidak menutup bagi mereka yang awam dan baru belajar agama maupun yang sudah pandai, bahkan ada beberapa mualaf yang menjadi anggota kami. Hal terpenting yaitu sama- sama bersemangat untuk mensyiarkan agama Islam dan membangun peradaban Islam lebih maju,” tutur Wawa.

Harapan kedepannya Komunitas Syiar Hijrah ingin berkecimpung di dunia pendidikan. Mendirikan Sebuah Yayasan Sekolah Islam menjadi cita-cita mereka selanjutnya. Komunitas Syiar HIjrah juga ingin semakin mandiri dalam berdakwah serta program yang direncanakan dapat berjalan lancar.

Bagi sahabat Muslimahdaily.com yang tertarik untuk bergabung dengan komunitas Syiar Hijrah, dapat berkunjung ke akun Instagram @syiarhijrah.

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama