Komunitas Syababul Quran Ajak Pemuda Gaul Dengan Al-Qur'an

By August 18, 2018 0
Komunitas Syababul Quran Komunitas Syababul Quran ( Foto : dok.Syababul Quran )

Muslimahdaily - Bahwasannya sebaik-sebaiknya umat Islam adalah yang membaca Al-Qur’an dan mengajarkannya.

Terinspirasi dari hadist di atas, Sampurno atau yang akrab disapa Sam bersama tujuh orang teman-temannya untuk membentuk Komunitas Syababul Quran. Sama-sama datang sebagai lulusan karantian tahfidz, Sam bersama kawan-kawannya tak ingin ilmunya hanya dinikmati sendiri.

“Kami bertujuh merupakan alumni dari karantina Tahfizh Nasional 30 hari di Belitung. Setelah program kami selesai, kemudian kami berinisiatif agar karantina yang kami jalankan menuai hasil yang positif. Akhirnya kami menggagas komunitas Syababul Quran ini,” tutur Sam pada Muslimahdaily beberapa waktu lalu.

Komunitas Syababul Quran resmi berdiri pada 29 Juli 2015. Nama Syababul Quran diambil dari bahasa Arab yang artinya adalah pemuda dan pemudi Al-Qur'an. Nama tersebut sesuai dengan visi-misinya sebagai wadah bagi para generasi muda untuk semakin mencintai Al-Qur’an.vTidak hanya sekedar membaca Al-Qur’an saja, namun juga menyadarkan generasi muda akan hakikat dan pentingnya Al-Qur’an sebagai pedoman hidup manusia di dunia hingga akhir zaman.

Dalam wawancara bersama Muslimahdaily, Sam juga menyampaikan bahwasannya komunitas Syababul Quran ini memiliki beberapa kegiatan yang rutin dilaksanakan. Memanfaatkan media sosial, komunitas ini mengadakan berbagai kegiatannya tanpa terhalang jarak.

“Kegiatan yang kami lakukan adalah setoran hafalan (ziyadah) rutin melalui grup Whatsapp, selanjutnya kami juga mengadakan diskusi-diskusi seputar Al-Qur’an, serta seminar kepemudaan untuk meningkatkan semangat dalam menghafalkan Al-Qur’an,” lanjut Sam.

“Kalau biasanya untuk setoran hafalan harus dengan asatidz yang umurnya jauh di atas kita, melalui Syababul Quran kita semua dapat menyetorkan hafalan ke keeper (Penerima setoran) muda yang merupakan lulusan pesantren-pesantren terbaik di Indonesia juga ada beberapa yang menempuh jenjang studi syariah di Timur Tengah sana,” terangnya.

Tak perlu merasa canggung, para keeper muda dengan umur sepantaran akan membuat kegiatan setoran kamu menjadi lebih asik. Mereka tahu dan mengerti kondisi anak muda. Mereka juga akan setia menemani perjuangan kamu, berdiskusi, bahkan berdialog mengenai permasalahan yang terjadi di sekitar para anggota komunitas.

Saat ini anggota yang terdaftar di Komunitas Syababul Quran sebanyak 250-300 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. Target utama dari komunitas Syababul Quran adalah generasi muda, untuk itulah usia para anggota berkisar antara 16-25 tahun.

Sam dan teman-temannya merasa prihatin dengan kondisi pemuda pemudi saat ini, karena tidak sedikit yang melakukan perilaku menyimpang dari agama, bahkan mereka merasa bangga dan keren. Sam ingin menggeser makna gaul di kalangan pemuda.

“Untuk itulah Syababul Quran hadir dan mencoba menyebarkan positive vibes melalui Al-Qur’an kepada para pemuda-pemudi serta berusaha menggeser makna gaul juga bisa diberikan kepada orang-orang yang memiliki hafalan Al-Qur’an juga mengamalkannya,“ tutup Sam.

Kedepannya komunitas Syababul Quran akan melakukan beberapa project, diantaranya kolaborasi kegiatan dengan komunitas-komunitas lainnya seperti dalam kegiatan bakti sosial dan seminar.

Bagi para sahabat Muslimahdaily.com yang penasaran dan ingin bergabung dengan komunitas Syababul Quran dapat langsung menghubungi + 62 823-1148-2803 (WA) untuk laki-laki dan +62 858-9149-6320 (WA) untuk perempuan, serta untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan bias langsung intip instagramnya di instagram.com/SyababulQuran.

Last modified on Saturday, 18 August 2018 06:56

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama