Komunitas Kalam Ukhuwah, Menumbuhkan Semangat Kajian Bagi Generasi Muda

By October 11, 2018 0
Komunitas Kalam Ukhuwah Komunitas Kalam Ukhuwah ( Foto : Kalam_Ukhuwah/Instagram )

Muslimahdaily - Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa "Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim", tidak ada batasan usia dan waktu dalam menuntut ilmu. Dalam Al Qur’an Surat Al Mujadalah ayat 11 disampaikan bahwa Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang diberi ilmu dan memberi kelapangan bagi majelis-majelis.

Komunitas Kalam ukhuwah adalah komunitas yang terbilang baru di Jakarta. Berfokus pada dakwah dan syiar, serta kajian islami, Komunitas Kalam Ukhuwah mengadakan seminar setiap bulannya.

“Kalam Ukhuwah adalah kepanjangan dari kajian islam ukhuwah. Karena komunitas kalam ukhuwah memiliki visi misi untuk mengadakan agenda kajian islam ataupun seminar setiap bulannya,” tutur Sulaiman pada Muslimahdaily.

Keresahan bahwa banyak kajian yang mengharuskan membayar biaya mahal juga menjadi alasan Sulaiman dan rekannya mendirikan Komunitas Kalam Ukhuwah.

“Saat ini untuk mengikuti kajian rutin dan berkualitas membutuhkan biaya yang mahal, untuk itu kami mencoba untuk mengadakan kajian yang berkualitas dengan biaya yang murah, bahkan gratis. Biasanya kami mengadakan kajian di Masjid Jendral Sudirman WTC,” tambah Sulaiman.

“Tema kajian yang kami adakan juga disesuaikan dengan realita saat ini dan insha Allah diisi oleh pemateri terbaik yang ahli di bidangnya, sehingga materi yang disampaikan lebih mudah diterima oleh berbagai kalangan, khususnya anak muda,” lanjut Sulaiman.

Tidak hanya fokus pada kajian saja, namun Komunitas Kalam Ukhuwah juga menginginkan agar menjadi wadah bagi para anggotanya untuk mulai berwirausaha. Hal ini dikarenakan awal mula dari berdirinya Komunitas Kalam Ukhuwah adalah diawali dari kumpulan pemuda yang mengikuti pelatihan entreperenurship pada bulan Ramadhan lalu.

“Penggagas dari berdirinya komunitas kalam ukhuwah adalah Mbak Marliana Sari. Kami ingin agar sebagai alumni training entrepreneurship kami harus bisa menyediakan wadah bagi calon entrepreneur muda untuk memulai usahanya,” tutur Sulaiman.

Ia juga menambahkan bahwa salah satu cara yang dilakukan oleh Komunitas Kalam Ukhuwah untuk menumbuhkan semangat entrepreneur bagi generasi muda adalah dengan menyediakan lapak bazaar bagi sahabat-sahabat yang ingin berjualan pada saat kajian.

“Biasanya kalau bazar di kajian itu haraganya cenderung lebih mahal karena biaya sewa tempatnya mahal, disini kami sediakan tempat untuk teman2 berjualan. Jika barang dagangannya laku maka harus menyisihkan 10% untuk komunitas, jika saat itu tidak ada yang laku maka tidak perlu membayar. Uang tersebut nantinya akan kami salurkan untuk operasional komunitas,” tambah Sulaiman.

Harapan kedepannya dari Komunitas Kalam Ukhuwah adalah dapat mengadakan kajian akbar yang diselenggarakan di Masjid Istiqlal dengan menghadirkan pembicara terbaik, dan pelayanan yang maksimal.

“Insha Allah nanti bulan Maret kami ingin mengadakan kajian akbar di Masjid Istiqlal dengan mengundang pembicara yang berbobot, serta akan menyediakan juga booth bazaar bagi teman-teman yang ingin berjualan,” lanjut Sulaiman.

Bagi sahabat Muslimahdaily di sekitar Jabodetabek yang ingin mengikuti kajian yang diadakan oleh komunitas kalam ukhuwah dapat mengikuti akun sosial media Instagram @kalam_ukhuwah. Untuk kabar terbaru mengenai jadwal kajian dan menghubungi nomer 0857-7669-0097.

Last modified on Thursday, 11 October 2018 05:35

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama