Belajar Islam Dengan Cara Yang Asyik Bersama Komunitas Hijrah FASTabiqul Khairat

By December 29, 2016
Komunitas Fastabiqul Khairat Komunitas Fastabiqul Khairat (Foto : instagram.com/ngefast)

Muslimahdaily - Sebuah kewajaran memang jika terkadang sebagai muslim dalam menjalani hidup merasa imannya sedang turun, semangat ibadahnya kendur, dan rasa malas menerpa.  Namun  hal itu akan menjadi tidak wajar apabila rasa tersebut hanya didiamkan. Kemudian kita menjadi terlena dan syaitan akan mudah menggoda. 

Begitu juga dalam perjalanan hijrah, tentunya tidaklah mudah. Akan banyak ujian yang datang silih berganti untuk kembali mematahkan keyakinan diri. Oleh karena itu, sebagai muslim yang baik harus ada cara untuk mengembalikan “semangat” beri-Islam. Salah satu caranya adalah mencari dan mendekatkan diri dengan orang-orang yang shaleh atau teman yang mampu mengingatkan dan menguatkan ketika kita sedang terjatuh dan turun dalam dalam kadar iman.

Itulah yang dilakukan oleh para anggota komunitas FASTabiqul khairat, “Berlomba-lomba dalam kebaikan” atau disingkat menjadi ngeFast. NgeFast adalah suatu komunitas hijrah, yang diperuntukkan untuk siapa saja, yang mau mengenal dan belajar Islam secara kaffah (menyeluruh) baik pria, maupun wanita, baik yang belum berhijab, berhijab namun masih model, berhijab syari maupun yang sudah berniqab. Mereka berkumpul dan belajar bersama tanpa membeda-bedakan. 

Komunitas ini didirikan oleh ustadz Weemaraditya pertama kali di Yogyakarta beberapa tahun lalu, saat itu ia sangat tersentuh melihat banyak muslim yang belum mengenal Islam secara utuh, mereka belum tahu tujuan hidup dan alasan mengapa harus berislam.  

Fast sendiri bisa dikatakan unik. Pada setiap pertemuannya diadakan kelas dengan metode pendampingan intensif. FAST mencoba mengajak anggota atau mereka menamakannya teman hijrah untuk berfikir jernih dan mengenai Islam dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar manusia. Dari mana manusia berasal, untuk apa kita diciptakan dan akan kemana setelah mati, pertanyaan seperti itu senantiasa menjadi materi yang berbeda dari komunitas ini.

Tak hanya belajar di dalam kelas, ada pula kegiatan yang dinamakan hangout dan rihlah. Kegiatan rutin ini akan membuat para anggota menadaburi keindahan pencipta. Di samping itu semua, yang paling penting adalah mereka harus saling berkumpul setiap minggunya agar tetap menguatkan dengan cara menayakan bagaimana kabar iman dan sudah sampai mana proses hijrahnya. 

Kini ngeFAST bukan hanya berada di Yogyakarta, melaikan sudah tersebar di Bali, Bekasi,  Semarang,  Bogor, dan Cibubur yang dijalankan oleh Indadari, Motivator Hijrah dan Istri dari comedian, Caisar.

Dalam wawancaranya bersama Muslimahdaily (27/12), Indadari berharap, makin bayak muslim yang memperdalam ilmu agamanya. “Muslim lebih banyak lagi yang memperdalam, mengetahui, melek terhadap agamanya bukan hanya karena sudah terlahir Islam tetapi enggan untuk belajar lagi," ucapnya.

Seru ya? Masya Allah kalau kamu tertarik bisa hubungi komunitas ini di media sosialnya yaitu @ngeFAST ya! 

“Hijrah sendiri itu susah, hijrah bersama-sama itu jauh lebih mudah”-@NgeFAST

Last modified on Tuesday, 03 January 2017 09:37
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
© 2017 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama