Ini Alasan Inara Istri Virgoun Hingga Memutuskan Bercadar

By June 5, 2018 0
Inara Rusli Inara Rusli ( Foto : Ghuffar/Muslimahdaily.com )

Muslimahdaily - Awal Ramadhan tahun ini menjadi babak baru bagi kehidupan Ina Idola Rusli atau yang akrab dipanggil dengan Inara. Istri musisi Virgoun Tambunan tersebut memutuskan untuk menutup wajahnya dari pandangan non mahram. Video proses Inara pertama kali mengenakan cadar bahkan sempat viral di kalangan warganet. Namun sebenarnya, apa alasan Inara dibalik keputusan besarnya tersebut?

Saat ditanya alasannya, Inara mengisahkan perjalanan hijrahnya yang tidak singkat. Wanita kelahiran 1993 tersebut merasakan bahwa keputusannya bercadar adalah jalan dari Allah untuknya. “Lagi-lagi semua atas seizin Allah, jalan dari Allah,” ujarnya kepada muslimahdaily.com beberapa hari lalu.

Sebelum merasakan nikmatnya menjadi muslim, Inara mengaku heran dengan muslimah yang berhijab dan bercadar. Ia tak menyangka bahwa keheranannya itu justru mendapatkan jawaban seiring perjalanannya berhijrah. Mantan personel girlband Bexxa tersebut merasakan betapa manisnya hidayah dari Allah.

“Aku dulu waktu masih berkarier di musik belum kepikir pakai hijab apalagi cadar. Dulu belum dapat hidayah Allah, lihat orang pakai hijab cadar, apa nggak gerah ya, apa nggak panas ya. Kalau nggak pengen dilihat ya nggak usah keluar rumah. Ternyata emang bener, hijab yang paling mulia itu ya rumah, ya tembok rumah. Maksudnya jangan ke mana-mana apalagi kalau tidak ada mahramnya,” ungkap ibu dari satu putri tersebut.

Sebelum memutuskan bercadar, Inara melalui proses panjang dalam hijrahnya. Ia meninggalkan semua pakaian seksinya sejak pulang dari liburan. Saat itu, ia dan Virgoun baru saja lepas dari masalah berat yang melanda keduanya.

Bertahun-tahun sejak menikah, ia dan Virgoun terus dilanda banyak ujian keimanan. Bagi Inara, ia diuji atas keputusannya berhijrah. Bagi Virgoun, itu adalah ujiannya setelah bersyahadat. Hingga di satu titik, keduanya menemukan masalah demi masalah berlalu dengan indah.

“Sekian lama aku diuji dengan begitu banyak cobaan hidup, (lalu) Allah kasih hadiah jalan-jalan ke Lombok. Kaya dikasih hiburan. Dari situ aku janji, pulang dari Lombok, aku harus nutup aurat. Itu terakhir kali aku buka-bukaan. Pulang dari Lombok, aku bener nutup aurat,” kisah Inara.

Itulah momen pertama Inara mengenakan hijab. Namun saat itu ia masih mengenakan jilbab pendek dan celana jeans. Selama beberapa bulan, Inara kemudian mulai memanjangkan hijabnya.

“Waktu itu pakai jilbab iket-iket doang, masih pakai jeans. Dikit-dikit aku belajar, pelan-pelan. Tiga bulan lah penampilanku (seperti) itu. Selama 3 bulan itu, dari situ aku dengerin youtube tentang menutup aurat. Hukum menutup aurat kan satu paket sama cara menutup aurat. Ternyata harus nutup dada, harus panjang, pakai kaos kaki,” tuturnya.

Namun kajian yang ia dapatkan tidak serta merta ia yakini. Ia sempat mempertanyakan, mengapa muslimah harus berhijab lebar lagi panjang. “Kenapa ya. Aku ini orangnya penasaran. Ternyata dalam Al Qur’an ada,” ujarnya.

Dari situ, penampilan Inara nampak makin anggun. Ia mengenakan jilbab lebar dan gamis acap kali keluar rumah. Tak hanya itu, selang beberapa bulan, ia pun memutuskan untuk bercadar dan berpakaian gelap. Keputusan besarnya itu pun dilakukan di bulan yang agung, yakni Bulan Ramadhan.

Kini, kecantikan Inara tertutup dengan niqab. Mantan model dan aktris tersebut menjalani rumah tangganya bersama Virgoun dan telah dikaruniai satu orang putri. Kepada banyak media, Virgoun mengungkapkan kegembiraannya saat istrinya memutuskan untuk bercadar. Pelantun lagu Surat Cinta Untuk Starla tersebut mengaku sering kali khawatir dan cemburu saat mendapati banyak pria menggoda istrinya yang jelita.

Selama ini, Virgoun pun terus membujuk dan mendukung Inara untuk bercadar. Semoga keistiqamahan selalu menaungi rumah tangga Inara dan Virgoun, memberikan keduanya kemantapan beriman dan berislam meski harus menghadapi banyaknya ujian berat.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama