Dakwah Komedi, Cara Berdakwah Zaman Now Versi Nunuzoo

By September 24, 2018 0
Nunuzoo Nunuzoo ( Foto : Instagram.com/Nunuzoo )

Muslimahdaily - Komedi merupakan tingkah ringan yang disertai kelucuan, terkadang komedi juga menyelipkan tingkah yang sifatnya menyindir namun dengan cara yang menyenangkan.

Kini, tak sedikit komedi dipilih sebagai salah satu cara penyampaian sebuah pesan, mulai dari iklan hingga dakwah. Komedi yang dibawakan dengan tingkah lucu dapat meminimalisir pertengkaran. Seperti yang dilakukan oleh Nunuzoo. Remaja Yang juga dikenal sebagai selebgram dengan konten komedi dakwah. Sejak video yang berjudul ‘Ruginya Pacaran’ booming dan viral di media sosial, mahasiswi universitas negeri ini mulai banyak dikenal masyarakat.

Bukan dengan perjalanan singkat, gadis pemilik nama lengkap Nunu Azka ini mulai menggeluti bidang movie maker sejak bangku SMA. Sedangkan untuk bidang dakwah komedi, ia mengaku baru memulainya saat duduk di bangku perkuliahan.

“Saya mulai menggeluti bidang dakwah komedi itu saat semester satu di bangku kuliah. Saat masih SMA saya baru mulai dengan komedo aja eh komedi aja maksudnya, hehehehe,” ujarnya saat diwawancarai Muslimahdaily dengan candaan ciri khasnya.

Lompatan yang ia buat dari sekedar menjadi creator video komedi menjadi creator dakwah komedi terinspirasi dari salah satu Youtuber terkenal yaitu Raditya Dika.

“Awal mulai saya beralih menjadi creatornya dakwah video itu karena saya teringat sama pesannya Bang Raditya Dika yang bilang kita itu harus jadi orang yang berani beda. Karena orang yang berani beda itu justru akan semakin menarik,” tandasnya.

Akhirnya, Bismillah saya bertekad untuk mengambil dakwah komedi sebagai tema konten saya, karena saat itu juga belum banyak creator video yang mengangkat dakwah,” tambahnya.

Gadis yang bercita-cita menjadi seorang sutradara ini juga mengatakan bahwa tujuan lain dari konsistensinya dalam membuat video dakwah komedi adalah untuk mengajak para remaja agar berani menyampaikan pesan kebaikan dan pesan dakwah dengan cara yang lebih kekinian dan mudah.

“Untuk sasaran konten aku sendiri adalah dari kalangan remaja, karena itulah saya menyelipkan pesan dakwah melaui video komedi supaya bisa lebih disukai dan mudah dipahami. Saya juga bertujuan untuk memberitahukan kepada remaja bahwa berdakwah itu ga sesulit yang dibayangkan, lho. Banyak cara yang mudah dan fun untuk berdakwah, ya salah satunya dengan video komedi. Karena yang ringan dan santai seperti ini justru yang disukai dan mudah dipahami sama umuran remaja,” jelasnya.

Sesuai dengan tujuannya, biasanya ia mengangkat tema yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Konten tentang fenomena jomblo misalnya. Namun, di balik itu semua, Nunu juga kerap mengalami kesulitan. Kesulitan ini ditemui saat menciptakan keselarasan antara komedi dan pesan dakwahnya.

“Kesulitan yang paling besar ialah dalam menemukan ide. Dakwah komedi bukanlah suatu hal yang mudah. maka saya harus berfikir keras untuk menemukan ide dan membuat konsep cerita dakwah komedi tersebut. Karena tidak mungkin saya mengkomedikan atau menyelewengkan nilai dakwahnya. Selain itu, saya juga mengalami kesulitan dalam mengatur antara jadwal shooting dan kuliah, karena saya ingin tetap berkarya tanpa melupakan pendidikan saya,” jelasnya.

Menurutnya, tidak hanya kesenangan karena bisa menjalani bidang yang ia sukai, selebgram yang sudah mempunyai 629 ribu followers Instagram ini juga banyak mendapatkan manfaat lainnya. Semakin luas lingkar pertemanan, tawaran endorsement dan bintang tamu hingga pemasukan finansial pun dirasakan muslimah cantik satu ini.

Tidak hanya itu, kegiatan membuat komedi dakwah ini juga menjadi pemacu agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Karena ketika ia menyampaikan pesan dakwah kepada orang lain, maka menjadi tanggung jawabnya untuk melakukan apa yang ia sampaikan pula.

“Selalu ambil yang positif dari setiap postingan saya di Instagram. Jika memang ada sesuatu yang negatif, tolong jangan ditiru, tetapi alangkah baiknya jika kalian tegur saya. Kemudian utamakan ambil dan terapkan dalam kehidupan kalian nilai-nilai dakwahnya, barulah kemudian kalian terhibur akan komedinya. Terakhir pesan saya ialah jadilah pribadi yang selalu lebih baik dari hari-hari sebelumnya."

Last modified on Monday, 24 September 2018 12:35

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama