Barbie Hijab Ini Terinspirasi dari Atlet Muslimah AS

By November 30, 2017
Ibtihaj Muhammad Ibtihaj Muhammad (Foto : Instagram @ibtihajmuhammad)

Muslimahdaily - Barbie yang kita kenal selama ini identik dengan berkulit putih, berambut panjang pirang, berpakaian seksi nan modis. Tahun 2018, Mattel, perusahaan Amerika pembuat Barbie akan merilis boneka model terbarunya dengan mengenakan hijab.

Barbie ini terinspirasi dari Ibtihaj Muhammad, atlet angar muslimah asal Amerika Serikat yang pertama kali meraih medali pada Olimpiade musim panas tahun 2016 lalu, sekaligus wanita Amerika pertama yang mengenakan hijab saat pertandingan.

Ibtihaj Muhammad mengaku sangat senang dan bangga ketika Barbie yang terinspirasi darinya ini pertama kali dipamerkan dalam acara Women of the Year Live Summit Glamour. Dia digabungkan dengan Sheros lain yang sebelumnya juga pernah dibuatkan versi Barbie mereka oleh Matte.

Mereka adalah Gabby Douglas yang merupakan atlet gymnastik Amerika dan Selma direktur Ava DuVernay. Shero adalah sebutan bagi para pahlawan super wanita, yang dianggap menginspirasi bagi kaumnya (para wanita).

“Terima kasih @Mattel untuk mengumumkan saya sebagai anggota terbaru @Barbie #Shero!. Saya bangga mengetahui bahwa setiap gadis kecil di manapun dapat bermain dengan Barbie yang mengenakan jilbab! Ini adalah mimpi masa kecil yang menjadi kenyataan” ujar Ibtihaj melalui akun twitternya.

Barbie kali ini dibuat sangat mirip dengan Ibtihaj. Seragam angar, dengan pedang serta topi perisai, medali olimpiade, serta jilbab yang menutup kepala. Bahkan kulit hitam dan kaki yang besar serta lengkap dengan eyeliner di celak matanya yang selalu menjadi ciri khasnya.

Menurut Michelle Chidoni selaku juru bicara Mattel, pembuatan barbie kali ini didasarkan oleh dorongan perusahaan untuk memasukkan ragam jenis profesi, warna kulit, serta bentuk tubuh.

Dalam akun Twitter resminya, Mattel pun menyampaikan bahwa Ibtihaj telah menginspirasi para wanita dan anak perempuan untuk terus berkarya dan melawan batasan. Mereka pun merasa sangat senang, bekerja sama dengan Ibtihaj dalam pembuatan Barbie keluaran terbaru ini.

http://www.aljazeera.com/news/2017/11/hijab-wearing-barbie-based-ibtihaj-muhammad-171114090118996.html

Last modified on Friday, 15 December 2017 05:04
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
© 2017 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama